Pengaruh Service Quality dan Product Quality terhadap Customer Loyalty di Cafe Bombaru Pesisir Selatan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Vira Monica
Hijriyantomi Suyuthie

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (service quality) dan kualitas produk (product quality) terhadap loyalitas konsumen (customer loyalty) di Cafe Bombaru, Pesisir Selatan. Latar belakang penelitian didasarkan pada permasalahan yang ditemukan seperti ketidaksesuaian pelayanan, produk yang tidak memenuhi ekspektasi, serta keluhan konsumen yang berdampak pada ketidakloyalan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala likert dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah  purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier berganda melalui software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa baik service quality maupun product quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty, baik secara parsial maupun simultan. Dengan demikian, peningkatan service quality dan product quality secara konsisten menjadi faktor penting dalam membangun customer loyalty di industri cafe.


Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Loyalitas konsumen, Cafe Bombaru.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Monica, V., & Suyuthie, H. (2025). Pengaruh Service Quality dan Product Quality terhadap Customer Loyalty di Cafe Bombaru Pesisir Selatan. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 6(2), 108-118. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v6i2.81572

References

[1] H. Azizah Ghazali and S. Auliya, “Implementasi Konsep Halâlan Thayyiban pada Kuliner Khas Masyarakat Minangkabau,” Istinarah Ris. Keagamaan, Sos. dan Budaya, vol. 5, no. 2, p. 154, Dec. 2023, doi: 10.31958/istinarah.v5i2.10870.
[2] AA Almunida, “Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Harga, Dan Kualitas Layanan, Terhadap Keputusan Pembelian Di District Coffee Banjarbaru,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 82–95, 2022.
[3] Christin Juliany Rorong, Hendra Novie Tawas, and Mira H Rogi, “Pengaruh Atmosfer Café Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Café I Care Langowan,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 11, no. 02, pp. 255–264, 2023, doi: 10.35794/emba.v11i02.47966.
[4] F. Tjiptono, “Service , Quality & Satisfaction,” no. March, 2023.
[5] D. Murty, I. Khasanah, and J. Manajemen, “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Pelangi Kemasan 600Ml Di Semarang,” Diponegoro J. Manag., vol. 4, no. 2, pp. 1–11, 2015, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
[6] S. Sarmin and M. A. Choir, “Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Konsumen Produk Sari Roti Di Cikarang),” J. Commun. Educ., vol. 17, no. 2, 2023, doi: 10.58217/joce-ip.v17i2.335.
[7] S. P. Collins et al., “No Title 済無No Title No Title No Title,” pp. 10–27, 2021.
[8] I. Punama and Yuliana, “Management Pemasaran,” Manajeman Pemasar. jasa, vol. 4, no. 2, p. 96, 2021.
[9] S. Santoso et al., “Study on Development Strategies of Muslim-Friendly Tourism Ecosystem,” SSRN Electron. J., 2021, doi: 10.2139/ssrn.3875184.
[10] K. P. Widiatmika, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Etika Jurnalisme Pada Koran Kuning Sebuah Stud. Mengenai Koran Lampu Hijau, vol. 16, no. 2, pp. 39–55, 2015.
[11] G. Ewaldo, “Hubungan Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Cahaya Karunia Persada di wilayah Jakarta Barat,” pp. 21–46, 2022.
[12] D. Yuliani, “8 Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pringsewu,” no. 2013, pp. 8–25, 2018.
[13] P. Kotler, K. L. Keller, and A. Cahyadi, “Pelayanan Terhadap Loyalitas,” Pelayanan Publik, no. 3, pp. 7–17, 2017.
[14] M. A. Mohd Shafri, “Intergration Of Local And Islamic Architecture In Traditional Minangkabau,” J. Archit. Plan. Constr. Manag., vol. 2, no. 1, Oct. 2020, doi: 10.31436/japcm.v2i1.484.
[15] S. P. Collins et al., “No Title 済無No Title No Title No Title,” no. 2018, pp. 11–30, 2021.
[16] Ryan, “Pengaruh Atribut Produk dan Harga Terhadap Perilaku Pelanggan Pasca Pembelian,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., pp. 12–26, 2019.
[17] M. I. Agustini, Grashinta Aully, Putra San, Sukarman, Guampe Arfid Feliks, Akbar Saddam Jakub, Lubis Alridho Muhammad, “Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metod. Penelit. Kualitatif, vol. 3, no. 17, p. 43, 2023, [Online]. Available: http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
[18] B. Ernanda and H. Suyuthie, “Penanganan Keluhan Tamu Di New D’dhave Hotel Padang,” J. Pendidik. DAN Kel., vol. 11, no. 02, p. 270, May 2020, doi: 10.24036/jpk/vol11-iss02/675.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.