PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DEPARTEMENT FOOD AND BEVERAGE SERVICE DI HOTEL LE MERIDIEN JAKARTA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Septi Putri Rahmi
Trisna Putra

Abstract

Melihat pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja karyawan di departemen makanan dan minuman di Hotel Le Meridien Jakarta merupakan latar belakang penelitian ini. Karyawan  level supervisor digunakan dalam penelitian ini. Sampel yang digunakan berjumlah 78 orang menggunakan probability sampling. Kuesioner disebarkan dan Likert scale digunakan untuk memperoleh data yang telah di uji validitas serta reliabilitas. Berdasarkan dari penelitian dilakukan diperoleh hasil: 1) komunikasi interpersonal berada digolongkan kategori cukup (51.28%), 2) kinerja karyawan berada pada kategori baik (67.95%), 3) nilai R Square 0.054, artinya variabel komunikasi interpersonal memiliki pengaruh sebesar 5.4% terhadap kinerja karyawan dan faktor lain sebesar 94,6% mempengaruhi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rahmi, S., & Putra, T. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DEPARTEMENT FOOD AND BEVERAGE SERVICE DI HOTEL LE MERIDIEN JAKARTA. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 1(2), 68-71. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i2.7572

References

[1] Anwar, Prabu Mangkunegara, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.
Bandung; Remaja Rosdakarya..
[2] Susiani ; and H. Suyuthie, “PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI THE AXANA HOTEL PADANG,” Mimb. J. Penelit. Sos. dan Polit., vol. 8, no. 2, pp. 98–104, 2019, [Online]. Available: https://journals.unihaz.ac.id/index.php/mimbar/issue/view/126.
[3] P. Siagian, Sondang. 2002. Kepemimpinan Organisasi dan Perilaku Administrasi.
Jakarta: Penerbit Gunung Agung..
[4] Mulyana, Deddy. 2004 . Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
[5] DeVito, Joseph A. 2005. Pengaruh Komuikasi Interpersonal, Ketelitian (Conscientiousness) dan
Kepuasaan Kerja Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Paud Di Medan Deli.. Jurnal ISSN 2442-9422 Vol 2 No 2 (2014). Diakses pada 2 februari 2019.
[6] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.. Bandung : Alfabeta, CV.
[7] Arikunto,, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[8] Effendy,, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi; Teory dan Praktek. Bandung:
Penerbit Remaja Rosda Karya.
[9] M. Arman and K. Kasmita, “Pengaruh Pengawasan Supervisor Di Room Division Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Axana Padang,” J. Pendidik. Teknol. Kejuru., vol. 1, no. 4, pp. 161–166, 2018, doi: 10.24036/jptk.v1i4.2723.
[10] Mangkuprawira, TB.S dan A.V. Hubeis. 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia.
Ghalia Indonesia, Bogor..

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.