PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL NEW D’DHAVE PADANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini berawal dari penulis melakukan pra penelitian melalui wawancara dengan Chief Accounting, penulis menemukan beberapa permasalahan seperti: penjualan kamar yang tidak stabil, kurangnya promosi melalui media sosial, lokasi hotel yang kurang strategis, tidak efektifnya promosi karena posisi marketing dipegang oleh General Manager, kurang adanya kepercayaan dari pengunjung terhadap gambaran fasilitas hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan menginap di Hotel New d’Dhave Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi penelitian adalah tamu yang melakukan transaksi pembelian kamar di Hotel New d’Dhave Padang dengan jumlah 4.282. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Promosi digolongkan dalam kategori cukup dengan persentase 46%, 2) Keputusan Menginap digolongkan pada kategori cukup dengan persentase 66%, 3) Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis, pengaruh variabel promosi terhadap variabel keputusan menginap 10,1% serta 89,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya nilai signifikansi 0,001 < 0,05, disimpulkan terdapat pengaruh yang positif signifikan antara promosi (X) terhadap keputusan menginap (Y) Hotel New d’Dhave Padang. Jadi hipotesis dalam penelitian ini adalah Ha diterima.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
[2] Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, Dan.
Kontrol, Edisi Milenium. Jakarta: Prentice Hall Internasional Inc.
[3] Kotler, Philip And Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi. 12. Jilid 1.
Jakarta: Erlangga.
[4] Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran,Edisi Milenium Jilid 1. Jakarta: Prebalindo.
[5] Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep Dan Implikasi Untuk. Strategi Dan
Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
[6] Lupiyoadidan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasaEdisikedua.Penerbit
Salemba Empat:Jakarta.
[7] Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen:Implikasi Pada Strategi Pemasaran.
Yogyakarta: Graha Ilmu