PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL NEW D’DHAVE PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Atikhah Riddhola Erdin
Kasmita Kasmita

Abstract

Penelitian ini berawal dari penulis melakukan pra penelitian melalui wawancara dengan Chief Accounting, penulis menemukan beberapa permasalahan seperti: penjualan kamar yang tidak stabil, kurangnya promosi melalui media sosial, lokasi hotel yang kurang strategis, tidak efektifnya promosi karena posisi marketing dipegang oleh General Manager, kurang adanya kepercayaan dari pengunjung terhadap gambaran fasilitas hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan menginap di Hotel New d’Dhave Padang. Penelitian  ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi penelitian adalah tamu yang melakukan transaksi pembelian kamar di Hotel New d’Dhave Padang dengan jumlah 4.282. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil  penelitian dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Promosi digolongkan dalam kategori cukup dengan persentase 46%, 2) Keputusan Menginap digolongkan pada kategori cukup dengan persentase 66%, 3) Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis, pengaruh variabel promosi terhadap variabel keputusan menginap 10,1% serta 89,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya nilai signifikansi 0,001 < 0,05, disimpulkan terdapat pengaruh yang positif signifikan antara promosi (X) terhadap keputusan menginap (Y)  Hotel New d’Dhave Padang. Jadi hipotesis dalam penelitian ini adalah Ha diterima.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Erdin, A., & Kasmita, K. (2020). PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL NEW D’DHAVE PADANG. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 1(2), 59-63. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i2.7172

References

[1] Y. Abrian, A. Adrian, and R. Surendra, “Analysis of Factors Affecting Guest Decision in Purchase of Room Service in Hotel ‘Grand Inna Padang,’” J. Bus. Hosp. Tour., vol. 5, no. 2, p. 193, 2019.
[2] Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, Dan.
Kontrol, Edisi Milenium. Jakarta: Prentice Hall Internasional Inc.
[3] Kotler, Philip And Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi. 12. Jilid 1.
Jakarta: Erlangga.
[4] Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran,Edisi Milenium Jilid 1. Jakarta: Prebalindo.
[5] Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep Dan Implikasi Untuk. Strategi Dan
Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
[6] Lupiyoadidan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasaEdisikedua.Penerbit
Salemba Empat:Jakarta.
[7] Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen:Implikasi Pada Strategi Pemasaran.
Yogyakarta: Graha Ilmu

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.