PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE OBJEK WISATA GREEN HOUSE LEZATTA KABUPATEN AGAM
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke objek wisata Green House Lezatta. Penelitian ini tergolong kepada penelitian asosiatif kausal. Sampel diambil dari wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Green House Lezatta. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, serta sampel berjumlah 98 orang responden. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket yang sudah disusun kemudian diberikan kepada responden yang telah diuji terlebih dahulu validitas serta reliabilitasnya.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Promosi berada pada golongan kurang setuju (53%), (2) Keputusan berkunjung berada pada golongan setuju (49%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana didapatkan F hitung 27.060 dengan signifikansi 0,00<0,05 maka variabel promosi dapat menjelaskan keputusan berkunjung secara signifikan, Dan diperoleh R square senilai 0.220 yang artinya pengaruh variabel promosi terhadap variabel keputusan berkunjung adalah sebanyak 22% dan sisanya 78% faktor lain yang mempengaruhinya
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke objek wisata Green House Lezatta. Penelitian ini tergolong kepada penelitian asosiatif kausal. Sampel diambil dari wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Green House Lezatta. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, serta sampel berjumlah 98 orang responden. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket yang sudah disusun kemudian diberikan kepada responden yang telah diuji terlebih dahulu validitas serta reliabilitasnya.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Promosi berada pada golongan kurang setuju (53%), (2) Keputusan berkunjung berada pada golongan setuju (49%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana didapatkan F hitung 27.060 dengan signifikansi 0,00<0,05 maka variabel promosi dapat menjelaskan keputusan berkunjung secara signifikan, Dan diperoleh R square senilai 0.220 yang artinya pengaruh variabel promosi terhadap variabel keputusan berkunjung adalah sebanyak 22% dan sisanya 78% faktor lain yang mempengaruhinya
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
[2] Y. Abrian, A. Adrian, and R. Surendra, “Analysis of Factors Affecting Guest Decision in Purchase of Room Service in Hotel ‘Grand Inna Padang,’” J. Bus. Hosp. Tour., vol. 5, no. 2, pp. 193–200, 2019, doi: 10.22334/jbhost.v5i2.165.
[3] F. Kamal, K. Kasmita, and Y. Abrian, “PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAMAR TAMU DI HOTEL SAVALI PADANG,” J. Home Econ. Tour., vol. 15, no. 2, p. 43, 2017, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
[4] Basu, Swasta dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern.
Yogyakarta: Liberty Offset.
[5] Kotler, dan Amstrong. 2004. Prinsip-Prinsip Marketing, Edisi Ketujuh.
Jakarta: Salemba Empat
[6] Assauri, Softjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
[7] Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 2. Jakarta: Erlangga
[8] Marpaung. 2016. Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: CV. Arfino
[9] Putri, WNA, Abrian, Youmil. 2018. Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Kamar Di Grand Royal Denai Hotel Bukittinggi. http://ejournal.unp.ac.id