Hubungan Penerapan Kebijakan Kesehatan Kerja Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Karyawan Housekeeping Departement di Grand Jatra Hotel Pekanbaru

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Indria Rahmadani
Kasmita Kasmita

Abstract

Latarbelakang penelitian ini hasil dari pengalaman lapangan industri dan observasi penulis tentang penerapan kebijakan kesehatan kerja dan perilaku hidup bersih dan sehat. Populasi penelitian seluruh karyawan housekeeping department di Grand Jatra Hotel Pekanbaru. Sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah 35 sampel. Data dikumpulkan dari kuesioner berskala likert dengan 41 butir pernyataan sudah selesai diuji validitas dan realibilitas. Setelah itu data dideskripsikan serta dilakukan uji persyaratan analisis dan pengujian hipotesis mengunakan analisis koofisien korelasi dengan program SPSS 16.00.


Hasil dari penelitian:(1) Kesehatan kerja termasuk kategori cukup baik (51,42%), (2) Perilaku hidup bersih dan sehat termasuk kategori baik (51,43%). Uji koofisien korelasi didapat nilai 0,553 dengan signifikan 0,001 < 0,005 maka variabel kesehatan kerja berhubungan dengan variabel perilaku hidup bersih dan sehat. Secara signifikan nilai koofisien korelasi antara kesehatan kerja dengan perilaku hidup bersih dan sehat adalah 0,553, koofisien korelasinya bersifat positif. Jika di interpretasikan ke dalam kriteria interpretasi koofisien korelasi Pearson Product Moment/ nilai r, maka koofisien korelasi sedang karena nilai r berada diantara 0,40- 0,599.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rahmadani, I., & Kasmita, K. (2020). Hubungan Penerapan Kebijakan Kesehatan Kerja Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Karyawan Housekeeping Departement di Grand Jatra Hotel Pekanbaru. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 1(3), 132-136. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i3.5872

References

[1] A. Maryunani, “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), untuk mahasiswa Kesehatan dan Petugas Kesehatan,” Jakarta : Trans Info Media. 2013.
[2] H. Astuti, Y., S., Wibowo, L. B. & Hermawan, Modul Field Lab Semester V Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Surakarta, 2013.
[3] Suma’mur, Kesehatan Kerja dalam Perspektif Hiperkes & Keselamatan Kerja. 2014.
[4] M. Busyairi, L. O. A. S. Tosungku, and A. Oktaviani, “Pengaruh Keselamatan Kerja Dankesehatan Kerja Terhadapproduktivitas Kerja Karyawan,” J. Ilm. Tek. Ind., 2014.
[5] A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Rineka Cipta, 2010.
[6] Kemenkes, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1096/ Menkes/ PER/ VI/ 2011 tentang Higiene Sanitasi Jasaboga. 2011.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.