Pengaruh Kualitas Pelayanan Food and Beverage Department Terhadap Kepuasan Konsumen di Mesra Business and Resort Hotel Samarinda
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini yang berawal dari pengalaman pada saat mengikuti Praktek Kerja Lapangan di Mesra Business and Resort Hotel Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Food and Beverage Department Terhadap Kepuasan Konsumen Di Mesra Business and Resort Hotel Samarinda. Jenis Penelitian ini adalah Kuantitatif. Populasi di penelitian ini yaitu konsumen yang pernah makan dan minum di Food and Beverage Department Mesra Business and Resort Hotel Samarinda. Sampel diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling) dan sampel penelitian sebanyak 100 responden. Untuk data primer didapat melalui penyebaran angket dan untuk data sekunder didapat langsung dari HRD Mesra Business and Resort Hotel Samarinda. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil dari penelitian yakni: (1) Reliabilitas ada dikategorikan tidak berpengaruh (2) Daya Tanggap ada dikategorikan berpengaruh signifikan (3) Jaminan ada dikategorikan berpengaruh signifikan (4) Empati ada dikategorikan tidak berpengaruh (5) Bukti Fisik ada dikategorikan tidak berpengaruh. Kemudian hasil dari uji hipotesis regregi linear berganda nilai F dengan sig (0,00) < 0,05 maka bisa dinyatakan bahwa Kepuasan Konsumen secara signifikan dengan nilai R square 0,00. Jadi kontribusi Kualitas Pelayanan Food and Beverage Department Terhadap Kepuasan Konsumen 44,3% dan 55,7%. Kemudian diperoleh nilai t 5.278 dengan taraf sig. 0,00 < 0,05. Selanjutnya diperoleh hubungan signifikan diantara variabel.
Kata kunci : Reliabilitas, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Bukti Fisik Dan Kepuasan Konsumen
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
[2] S. Hastuti, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Food and Beverage Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Grand Dafamrohan Syariah,” Ekobis Dewantara, vol. 2, no. 3, pp. 35–48, 2019.
[3] R. Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat, 2013.
[4] D. Priansa Juni, Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia, 2017.
[5] Sulistyawati N M, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar,” E J. Manaj. Unud Bali Indones., 2015.
[6] A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Rineka Cipta, 2010.
[7] D. Sugiyono, Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D / Sugiyono. 2018.
[8] P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. 2015.
[9] F. Tjiptono, Service Markerting. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian. 2014.
[10] H. Herlina and L. Muliani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Food and Beverage Department Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Daily Inn Jakarta,” Destin. J. Hosp. dan Pariwisata, vol. 1, no. 2, pp. 74–80, 2020, doi: 10.31334/jd.v1i2.842.
[11] U. Sunyoto, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.