Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Tingkat Hunian Kamar Hotel di Kota Payakumbuh
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian awalnya dilakukan karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kota Payakumbuh dan memilih untuk menginap di kota lain, sehingga membuat tingkat hunian hotel kota Payakumbuh menurun setiap tahunnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah agar dapat menganalisa faktor internal dan eksternal tingkat hunian hotel. Penelitian ini terdiri dari 3 variabel yaitu faktor internal (X1), faktor eksternal (X2) dan tingkat hunian hotel (Y). Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan data kuantitatif. Sampel penelitian yaitu wisatawan yang menginap di Kota Payakumbuh sebanyak 100 orang yang diambil dari 10 hotel yang ada di Kota Payakumbuh. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan beberapa kriteria berumur diatas 21 tahun dan tamu yang membayar tagihan hotel sendiri. Teknik pengumpulan data adalah dengan pengisian kuesioner dengan lima pilihan jawaban, kuesioner tersebut terdiri dari 19 pernyataan terkait faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi okupansi hotel di Kota Payakumbuh,dan data tingkat hunian hotel yang diberikan oleh masing-masing hotel. Regresi linier berganda adalah teknik analisis yang digunakan. Berdasarkan data yang telah diolah variabel faktor internal memiliki rerata sebesar 3,70 dan tingkat capaian responden 74% dengan kategori cukup. Variabel faktor eksternal memiliki rata-rata 3,45 dan tingkat capaian responden 69% dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil pengujian regresi linear berganda tingkat hunian hotel di Kota Payakumbuh dipengaruhi oleh faktor internal dengan koefien 0,032 dengan tingkat signifikansi 0,003 > 0,005, dan faktor eksternal 0,171 dengan tingkat signifikansi 0,000 > 0,005. Nilai koefisien determinan sebesar 48,2 % .
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Kolam Renang Boja. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
[2] Sedarmayanti,. 2014. Membangun, Mengembangkan Kebudayaan dan Industri Pariwisata,
(Bunga Rampai Tulisan Pariwisata) Edisi ke- 1 Penerbit PT. Refika Aditama Bandung
[3] Ridwan, M.. & Hadyanto, S. 2012. Perencanaan, Pengembangan Pariwisata. Sofmedia.
[4] Sulastiyono, Agus. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabet.
[5] Sulastiyono, Agus. 2006. Teknik dan Prosedur Divisi Kamar pada Bidang Hotel. Hotel
Populer. Bandung : Alfabeta.
[6] Damardjati, R.S. (2006). Istilah-istilah Dunia Pariwisata. Jakarta : Pradnya Paramita
[7] Sumarsono. 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[8] Jatmiko, Hadi, Syah Riza Octavy Sandy. 2020. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat
Hunian Kamar pada Hotel di Kota Jember. Volume 3.
[9] Sugiyono. (2019). In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (p. 394). Bandung
: Alfabeta.
[10] Agung, Permana Budi, 2013, Manajemen Marketing Perhotelan, Yogyakarta, CV. Andi
[11] Prasetyo, Aryo,. Imroatul Khasanah. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga
.dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Pondok Tingal di Kabupaten Magelang,
Hal 1-13.
[12] A. Wedi and Y. Abrian, “Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Tamu Menginap Di
Hannah Hotel Syariah Painan,” J. Pendidik. Dan Kel., vol. 11, no. 1, p. 68, 2019, doi:
10.24036/jpk/vol11-iss1/582.
[13] L. Eva and K. Kasmita, “Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di
UNP Hotel & Convention,” J. Kaji. PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, vol. 2, no.
1, pp. 59–66, 2021, doi: https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i1.26072.
[14] Wira Novrilla Ananda Putri and Y. Abrian, “PENGARUH HARGA DAN LOKASI
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAMAR DI GRAND ROYAL DENAI
HOTEL BUKITTINGGI Wira Novrilla Ananda Putri, Youmil Abrian Program Studi D4
Manajemen Perhotelan Fakultas Pariwisata Dan Perhotelan Universitas Negeri Padang Email : wir,” J. Pendidik. Dan Kel., vol. 10, no. 1, pp. 116–128, 2018, doi:
10.1017/CBO9781107415324.004.
[15] Y. Abrian, A. Adrian, and R. Surendra, “Analysis of Factors Affecting Guest Decision in
Purchase of Room Service in Hotel ‘Grand Inna Padang,’” J. Bus. Hosp. Tour., vol. 5, no.
2, pp. 193–200, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.22334/jbhost.v5i2.165