Tinjauan Budaya Organisasi di Daima Hotel Kota Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tito Setya Sugiarto
Feri Ferdian
Youmil Abrian

Abstract

 


Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan atau meninjau Budaya Organisasi di Daima Hotel Padang.  Budaya Organisasi di Daima Hotel dilihat dari 5 indikator adalah: pemahaman diri, keagresifan, kepribadian, kinerja, serta orientasi regu. Penelitian ini menggunakan metode survey dan jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Terdapat 2 informasi data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data sekunder serta data primer. Seluruh populasi yang juga dijadikan sebagai sampel penelitian adalah seluruh karyawan Hotel Daima Padang yang berjumlah 58 orang. Pengumpulan data dengan kuesioner (angket) yang tersusun. Informasi dari penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS 16. 00.


Hasil dari Tinjauan Budaya Organisasi di Hotel Daima Padang terkategori cukup dengan persentase 65, 52%. Selanjutnya, indicator kesadaran diri terkategori cukup baik adalah 56, 90%. Berikutnya pada indikator keagresifan terkategori ke dalam cukup baik sebanyak 60, 34%, Indikator kepribadian terkategori baik dengan persentase 34, 48%, Indikator performa terletak tergolong cukup baik dengan persentase 77, 59% serta yang terakhir yakni orientasi regu dengan persentase 77, 59% terkategori cukup baik.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sugiarto, T., Ferdian, F., & Abrian, Y. (2022). Tinjauan Budaya Organisasi di Daima Hotel Kota Padang. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(3), 345-351. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i3.39872

References

[1] Bagyono. 2012. Pariwisata dan Perhotelan. Alfabet: Bandung.
[2] A. Sulastiyono, Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta, 2011.
[3] Hasibuan, Melayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara
Human Resources Department Hotel Daima Padang 2019.
[4] Robbins, dan Judge. 2010. Perilaku Organisasi, Edisi kesepuluh (alih baasa Angelica).
[5] Susiani ; and H. Suyuthie, “PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI THE AXANA HOTEL PADANG,” Mimb. J. Penelit. Sos. dan Polit., vol. 8, no. 2, pp. 98–104, 2019, doi: https://doi.org/10.32663/jpsp.v8i2.1017.
[6] Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik
[7] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2017.
[8] Suwarto dan Koeshartono D. 2010. Budaya Organisasi (Kajian Konsep dan Implementasi). Yogyakarta: Universitas Atma Jaya
[9] M. A. Zona and A. Adrian, “Innovation and Employee Creativity in Hospitality Industry in West Sumatra,” in 4th Padang International Conference on Education, Economics, Business and Accounting (PICEEBA-2 2019) Innovation, 2020, vol. 124, no. 2010, pp. 767–773.
[10] E. Sutrisno, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Persada, 2016.
[11] Wibowo (2010). Budaya Organisasi, Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang.
[12] Suwarto dan Koeshartono D. 2010. Budaya Organisasi (Kajian Konsep dan Implementasi). Yogyakarta : Universitas Atma Jaya
[13] Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima. Rajawali Pers
[14] Y. Abrian and A. Adrian, “Analysis of The Factors that Affect Employee Turnover Intention at Travelodge Hotel Batam,” Pendidik. Teknol. Kejuru., vol. 3, no. 4, pp. 216–220, 2020, doi: https://doi.org/10.24036/jptk.v3i4.14123.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.