Minat Berkunjung Wisatawan ke Museum Adityawarman Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Minat Berkunjung Wisatawan Di Museum Adityawarman Kota Padang. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kausal. Sampel penelitian ini merupakan responden yang belum pernah berkunjung di Museum Adityawarman Kota Padang dengan sampel yang berjumlah 94 responden, Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling. Information dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner tersusun sesuai dengan skala likert yang sudah Uji validitas dan reliabilitas, information dapat dideskripsikan dan diuji untuk keperluan analisis.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, secara umum dapat diperoleh bahwa analisis preferensi wisata pariwisata di Museum Adityawarman Kota Padang berada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 74%. Selanjutnya juga diperoleh hasil berdasarkan indikator sebagai berikut : 1) Ketertarikan persentase tertinggi pada kategori cukup dengan persentase 50%, 2) Preferensi dengan persentase tertinggi adalah kategori cukup, dengan persentase 44%, 3)Pencarian informasi persentase tertinggi pada kategori cukup dengan persentase 61%.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Diplomasi Kebudayaan,” J. Tour. Creat., vol. 2, no. 2, pp. 158–177, 2018.
[2] S. Sugiyarto and R. J. Amaruli, “Pengembangan Pariwisata Berbasis Budaya dan Kearifan
Lokal,” J. Adm. Bisnis, vol. 7, no. 1, p. 45, 2018, doi: 10.14710/jab.v7i1.22609.
[3] I. junaid, “Museum dalam perspektif pariwisata dan pendidikan,” no. November, pp. 1–15, 2018,
doi: 10.31219/osf.io/dm2hj.
[4] S. Vidiardi, “Pengembangan Museum Virtual Interaktif Menggunakan Teknologi Desktop
Virtual Reality Pada Museum Ranggawarsita,” Univ. Negeri Semarang, pp. 1–99, 2015.
[5] F. Aprilia, “PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG SERTA
DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Pengunjung Tempat
Wisata âJawa Timur Park 2â Kota Batu),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 24, no. 1, p.
86013, 2015.
[6] A. Ramadhan, “PENGARUH CITY BRANDING TERHADAP MINAT BERKUNJUNG
SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Wisatawan Kota
Surabaya 2015),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 28, no. 2, p. 86456, 2015.
[7] D. Stie, H. Agus, S. Bukittinggi, and S. Barat, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUH
MINAT WISATAWAN Hariman Syaleh * PENDAHULUAN Pariwisata menyimpan potensi
yang besar , baik yang telah maupun yang belum diberdayakan . Melihat fenomena yang
maraknya pecinta wisata dari berbagai kalangan . Dengan memilik in,” vol. XX, no. 2, pp. 126–
134, 2016.
[8] D. Anggraeni, F. Ekonomi, D. A. N. Bisnis, and U. Dinamika, “Citra Destinasi Dan Daya Tarik
Terhadap Minat,” 2020.
[9] I. Imron, “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan
Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 5, no. 1,
pp. 19–28, 2019, doi: 10.31294/ijse.v5i1.5861.
[10] S. Filma and H. Suyuthie, “PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN
BERKUNJUNG WISATAWAN KE OBJEK WISATA GREEN HOUSE LEZATTA
KABUPATEN AGAM,” J. Kaji. PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, vol. 1, no. 2, pp.
72–76, 2020, doi: https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i2.6772.
[11] Y. Abrian, A. Adrian, and R. Surendra, “Analysis of Factors Affecting Guest Decision in
Purchase of Room Service in Hotel ‘Grand Inna Padang,’” J. Bus. Hosp. Tour., vol. 5, no. 2, pp.
193–200, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.22334/jbhost.v5i2.165.
[12] Wira Novrilla Ananda Putri and Y. Abrian, “PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN KAMAR DI GRAND ROYAL DENAI HOTEL BUKITTINGGI
Wira Novrilla Ananda Putri1, Youmil Abrian2 Program Studi D4 Manajemen Perhotelan
Fakultas Pariwisata Dan Perhotelan Universitas Negeri Padang E-mail : wir,” J. Pendidik. Dan
Kel., vol. 10, no. 1, pp. 116–128, 2018, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
[13] Oktaviani.J, PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH DAN CITRA DESTINASI
TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI MINAT BERKUNJUNG SEBAGAI
VARIABEL INTERVENING (Studi pada Obyek Wisata Pulau Panjang Kabupaten Jepara), vol.
51, no. 1. 2018.
[14] M. L. Bachtiar and M. Arif Wibowo, “Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat
Berkunjung Kembali DI Objek Wisata Pantai Kabupaten Gunung Kidul,” J. Manaj. Bisnis
Indones., vol. 5, no. 1, pp. 40–49, 2016