Strategi Manajemen Waktu Room Attendent Dalam Menyiapkan Kamar di Kyriad Hotel Bumiminang Kota Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Shindy Octaviani
Musparni Musparni

Abstract

Hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melkaukan perjalanan dan mampu membayar tanpa adanya perjanjian khusus. Suatu hotel memiliki berbagai departement antara lain : (1) Front Office Department yang langsung berhubungan dengan tamu, (2) Housekeeping Department yang bertugas untuk menyelesaikan semua kebersihan atau kelengkapan atas kamar tamu, (3) Food and Beverage Department yang bertugas untuk mengolah dan menyiapkan serta memberikan pelayanan atas makanan dan minuman yang dipesan oleh tamu hotel, (4) Accountiong Department yang bertugas untuk membuat laporan pemasukan dan pengeluaran yang dibutuhkan hotel, (5) Sales and Marketing Department yang menjual produk yang disediakan oleh hotel dengan calon tamu yang akan mempergunaknnya, (6) Engineering Department yang bertugas memelihara dan perbaikan segala kerusakan listrik dan mesin di hotel, dan (7) Security Deapartment yang menjaga keamanan hotel agar tamu hotel merasa aman tinggal di hotel. Jumlah department yang ada di setiap hotel tidaklah sama. Department dan section yang ada pada hotel-hotel tersebut akan bertambah banyak, seiring dengan kebutuhan dari hotel masing-masing. Untuk menyiapkan kamar tramu yang bersih untuk ditempati dengan  waktu yang singakat, seorang room attendant harus memiliki strategi atau trik untuk mengatur waktu yang bisa digunakan dalam mebantu pekerjaan mereka

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Octaviani, S., & Musparni, M. (2021). Strategi Manajemen Waktu Room Attendent Dalam Menyiapkan Kamar di Kyriad Hotel Bumiminang Kota Padang. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(1), 45-52. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i1.31372

References

pariwisata dan akomodasi,” Bandung Alf., 2011.

C. Guégnard and S. A. Mériot, “Housekeepers in French hotels: Cinderella in the shadows,” in Low-Wage Work in France, 2008.

Tutorials point, “Hotel housekeeping,” in Organizational Behavior, 2016.

A. D. Timpe, Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Mengelola Waktu The Management of Time. 2002.

T. P. H. Atmoko, “STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI CAVINTON HOTEL YOGYAKARTA,” J. Indones. Tour. Hosp. Recreat., vol. 1, no. 2, 2018, doi: 10.17509/jithor.v1i2.13769.

J. Noor, Metode Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta, 2017.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.