Strategi Manajemen Waktu Room Attendent Dalam Menyiapkan Kamar di Kyriad Hotel Bumiminang Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melkaukan perjalanan dan mampu membayar tanpa adanya perjanjian khusus. Suatu hotel memiliki berbagai departement antara lain : (1) Front Office Department yang langsung berhubungan dengan tamu, (2) Housekeeping Department yang bertugas untuk menyelesaikan semua kebersihan atau kelengkapan atas kamar tamu, (3) Food and Beverage Department yang bertugas untuk mengolah dan menyiapkan serta memberikan pelayanan atas makanan dan minuman yang dipesan oleh tamu hotel, (4) Accountiong Department yang bertugas untuk membuat laporan pemasukan dan pengeluaran yang dibutuhkan hotel, (5) Sales and Marketing Department yang menjual produk yang disediakan oleh hotel dengan calon tamu yang akan mempergunaknnya, (6) Engineering Department yang bertugas memelihara dan perbaikan segala kerusakan listrik dan mesin di hotel, dan (7) Security Deapartment yang menjaga keamanan hotel agar tamu hotel merasa aman tinggal di hotel. Jumlah department yang ada di setiap hotel tidaklah sama. Department dan section yang ada pada hotel-hotel tersebut akan bertambah banyak, seiring dengan kebutuhan dari hotel masing-masing. Untuk menyiapkan kamar tramu yang bersih untuk ditempati dengan waktu yang singakat, seorang room attendant harus memiliki strategi atau trik untuk mengatur waktu yang bisa digunakan dalam mebantu pekerjaan mereka
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
C. Guégnard and S. A. Mériot, “Housekeepers in French hotels: Cinderella in the shadows,” in Low-Wage Work in France, 2008.
Tutorials point, “Hotel housekeeping,” in Organizational Behavior, 2016.
A. D. Timpe, Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Mengelola Waktu The Management of Time. 2002.
T. P. H. Atmoko, “STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI CAVINTON HOTEL YOGYAKARTA,” J. Indones. Tour. Hosp. Recreat., vol. 1, no. 2, 2018, doi: 10.17509/jithor.v1i2.13769.
J. Noor, Metode Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta, 2017.