Analisis Pengadaan Barang Kebutuhan Food and Beverage Department Oleh Purchasing di Pangeran Beach Hotel Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gina Ilma Rizal
Kasmita Kasmita

Abstract

 Penelitian ini berlatar belakang dari hasil pengamatan pengalaman lapangan industri tentang pengadaan barang oleh purchasing di Pangeran Beach Hotel Padang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi yang kemudian di analisis dengan pola pikir deduktif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu 1 orang Cost Control, 1 orang Purchasing, 1 orang Admin F&B, dan 3 orang Supplier selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan data.


Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan hal-hal yang berkaitan dengan pengadaan barang oleh purchasing di Pangeran Beach Hotel Padang yaitu: a) Permintaan Pembelian, membuat form permintaan terlebih dahulu, seperti: Market List yaitu form permintaan barang kebutuhan sehari-hari, Purchase Request yaitu form permintaan barang dengan pemakaian dalam jangka panjang, dan Purchase Order yaitu form pembelian ke supplier. b) Pemilihan Pemasok ditinjau dari kriteria seperti kualitas barang, harga barang, kemampuan kredit dalam jangka panjang. c) Order Pembelian, menggunakan sistem harian atau bulanan dengan menggunakan komunikasi melalui telepon atau whatsapp.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rizal, G., & Kasmita, K. (2021). Analisis Pengadaan Barang Kebutuhan Food and Beverage Department Oleh Purchasing di Pangeran Beach Hotel Padang. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(2), 135-142. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i2.29572

References

Bugyono, Pariwisata dan Perhotelan. Bandung: Alfabet, 2012.

S. Ramli, Buku Bacaan Wajib Sertifikat Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Jakarta Selatan: Transmedia Pustaka, 2014.

Wiwiya, “the Mechanism of Foodstuff Purchasing At Swiss Belinn,” JOM FISIP Vol. 4 No. 2, pp. 1–15, 2000.

Mulyadi, Sistem Akutansi, Ketiga. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

L. Joscelind Nathania, “Pengolahan Produk Pastry untuk Meningkatkan Mutu Kualitas Produk di Hotel Grand Aston City Hall Medan,” Fak. Ilmu Budaya, 2017.

Y. Abidin, Strategi Membaca Teori dan Pembelajarannya. Bandung: Risqi Press, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV, 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.