Strategi Pemasaran di Hotel Four Points by Sheraton Jakarta Pada Masa Covid-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Widha Swara Astini
Hijriyantomi Suyuthie

Abstract

 


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya tingkat hunian kamar selama masa pandemi Covid-19 serta adanya keluhan pelanggan mengenai tarif kamar yang ditetapkan tidak sebanding dengan fasilitas yang didapatkan dari Hotel Four Points by Sheraton Jakarta, dan Peraturan Pemerintah DKI Jakarta terkait larangan berkerumun serta aturan lainnya dalam upaya pencegahan Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan Strategi Pemasaran Marketing Mix yang dapat digunakan di Hotel Four Points by Sheraton Jakarta, mengetahui gambaran strategi EFAS dan IFAS dan mendeskripsikan faktor eksternal dan internal SWOT di Hotel Four Points by Sheraton Jakarta dengan menggunakan matriks SWOT. Jenis dari penelitian ini yaitu desktiptif kualitatif dengan metode survei dan menggunakan purposive sampling, sumber dari penelitian ini terdiri: 1 orang Director Revenue Cluster, 1 orang Manager Sales&Marketing , 1 orang Assistance Manager Sales&Marketing , dan 1 orang Duty Manager Front Office Department di Hotel Four Points by Sheraton Jakarta.


Berdasarkan hasil penelitian Strategi Pemasaran di Hotel Four Points by Sheraton Jakarta yaitu: 1) Membuat Robot Concierge yang inovatif, mudah digunakan, sesuai dengan signature Hotel Four Points dan memiliki database terkait informasi perkantoran terdekat. 2) Menerapkan Value Based Pricing agar dapat memberikan harga kamar sesuai dengan kebutuhan serta keinginan tamu. 3) Digital Marketing Melalui Aplikasi Tiktok dengan membuat konten video promosi yang menarik, kreatif. 4) Paket Promosi Work From Hotel demi mendukung peraturan pemerintah yang mewajibkan bekerja dari rumah. 5) Bekerjasama dengan Rumah Sakit dengan membuat penawaran kerjasama kepada beberapa rumah sakit di sekitar lokasi hotel.


 


Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Marketing, Mix, SWOT


 


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Astini, W., & Suyuthie, H. (2021). Strategi Pemasaran di Hotel Four Points by Sheraton Jakarta Pada Masa Covid-19. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(2), 116-126. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i2.29372

References

[1] Suryadana, M Liga dan Octavia Vanny. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabet
[2] Glueck, William F dan Jauch. 2014 Lawrence R. “Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan”. Jakarta: Erlangga.
[3] Agus, Sulastiyono, 2011, Manajemen Penyelanggaraan Hotel.Bandung: Alfabeta.
[4] Layanan Darurat Covid-19, Data Pemantauan Covid-19 DKI Jakarta. 2021.
[5] Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI). 2020. Informasi PHRI dan Dampaknya Terhadap Covid-19. 21 Januari 2021.
https://www.sheltercluster.org/sites/default/files/docs/2._informasi_phri_dan_dampak nya_terhadap_covid-19.pdf
[6] Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 30 Tahun 2020, Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19)
di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta: Pasal 10 ayat 4
[7] Sofjan Assauri. 2015. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, dan Strategi). Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
[8] Rahmawati, Anisa Nur. 2019. Strategi Pemasaran Hotel Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Yogyakarta.
[9] Thompson., Arthur A., Peteraf, Margaret A., Gamble, John E, dan Strickland III A.J. 2014. Crafting and Executing Strategy 19 th edition. Mc Graw Hill Education.
[10] Welasasih, A., Suyuthie, H. (2020) Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Tamu di UNP and Convention Center. Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan
[11] Sugiyono P.D., (2019) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
[12] Ido, Frederick, dkk 2017, Pengaruh Lokasi, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Jasa Laundry (Study Kasus pada Konsumen Simply fresh Laundry di Tembalang, Semarang) Dipenogoro Journal Of Social and Politican Of Science.
[13] Mursid. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[14] Lestari, Tri, Risna. 2017. Pengaruh Marketlng Mix Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Rumah Makan ABBI). Skripsi Manajemen. STIE Widya Gama Lumajang.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.