Persepsi Pengunjung Tentang Sarana di Daya Tarik Wisata Taman Wisata Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Suci Trisnani
Kurnia Illahi Manvi S.ST. Par, M.Par

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya beberapa permasalahan yang timbul di daya Tarik Wisata Taman Wisata Alam (TWA) Rimbo Panti seperti belum adanya petunjuk arah khusus area parkir sehingga wisatawaan memarkirkan kendaraannya sembarangan, bangunan mushalla yang sudah rusak, tidak adanya petunjuk arah antara toilet wanita dan laki-laki, tidak optimalnya tempat sampah di daya tarik TWA Rimbo Panti dan toilet yang banyak ditumbuhi lumut. Penelitian  mengunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini yaitu pengunjung yang datang ke daya tarik TWA Rimbo Panti. Teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan metode incidental sampling, dengan jumlah 100 responden. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa persepsi pengunjung tentang sarana di daya tarik TWA Rimbo Panti menunjukkan kategori cukup baik sebanyak 53% dengan rentang skor 52,6-<73,33. (1) berlandaskan indikator Bentuk Sarana dikategorikan baik dengan persentase 34% yang berada pada rentang skor 16,665-< 19,995. (2) berlandaskan indikator Fungsi Sarana dikategorikan cukup baik dengan persentase 37% yang berada pada rentang skor 16-< 20. (3) berlandaskan indikator Lokasi Sarana dikategorikan baik dengan persentase 37% yang berada pada rentang skor 16,665-< 19,995. (4) berlandaskan indikator Mutu Sarana dikategorikan cukup baik dengan persentase 39% yang berada pada rentang skor 13,355 -< 16,665.


 


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Trisnani, S., & S.ST. Par, M.Par, K. (2021). Persepsi Pengunjung Tentang Sarana di Daya Tarik Wisata Taman Wisata Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(2), 198-204. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i2.28872

References

Pemererintah Indonesia 2009, “Undang-Undang Dasar Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan Pemerintah Pusat, Jakarta,” 2009.

P. I. 1990, “UU No . 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati,” no. 5, 1990.

V. dan I. M. C. Ananda, “PERSEPSI PENGUNJUNG TENTANG SARANA DAN PRASARANA OBJEK WISATA RUMAH POHON TABEK PATAH,” vol. 2, pp. 2–9, 2020.

Devola Martania Fentri, “PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP DAYA TARIK TAMAN WISATA ALAM HUTAN RIMBO TUJUH DANAU DI DESA WISATA BULUH CINA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR RIAU,” Dep. Adm. ± Tour. Stud. Progr. Fac. Soc. Polit. Sci. Riau Univ., vol. 4, no. 2, pp. 1–11, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. 2018.

L. Nasution, S. Anom, and A. Karim, “Pengaruh Program Sapta Pesona Dan Fasilitas Terhadaptingkat Kunjungan Objek Wisata T-Gardendi Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang,” J. Darma Agung, vol. 28, no. 2, p. 211, 2020, doi: 10.46930/ojsuda.v28i2.627.

W. Marvidola, Triska, Kasmita, “PERSEPSI WISATAWAN TENTANG PROMOSI DAN FASILITAS OBJEK WISATA MUSEUM ADITYAWARMAN DI KOTA PADANG,” no. September, 2014.

V. Ananda and I. Meirina, “PERSEPSI PENGUNJUNG TENTANG SARANA DAN PRASARANA OBJEK WISATA RUMAH POHON TABEK PATAH,” Kaji. Pariwisata dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 88–95, 2020, doi: https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i2.8272.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.