Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Janji Jiwa Jilid 200 di Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Ambisi dari diadakannya penelitian berikut ialah untuk menganalisis besar kecilnya dampak marketing mix kepada keputusan pembelian konsumen di coffee shop Janji Jiwa Jilid 200 Padang. Metoda pada penelitian berikut adalah kuantitatif dengan upaya pendekatan asosiatif kausal yang melibatkan dua variabel. Dalam menentukan pengambilan sampel, digunakan teknik non probability sampling. Teknik pengambilan data yang dipakai pada penelitian berikut adalah dengan menyebar angket yang menggunakan skala likert dengan 32 buah jumlah pernyataan yang lebih dulu dites validitas dan reliabilitasnya. Data yang dideskripsikan dengan dites persyaratan analisis dan pengujian hipotesis yang menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana serta koefisien determinan menggunakan software SPSS versi 20.00.
Berlandaskan hasil penelitian: (1) Marketing Mix dikategorikan sangat baik (50,5%), (2) Keputusan Pembelian tergolong sangat baik (57,9%). Berdasarkan dari pengujian hipotesis regresi linear sederhana F 16.829 sig 0,000 < 0,05, oleh sebab itu variabel marketing mix mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen melalui nilai R Square 0,153. Marketing mix mendorong keputusan pembelian konsumen secara signifikan sebesar 15,3% dan 84,7% terpengaruh melalui faktor yang lainnya. Kemudian diperoleh nilai t 7,446 dengan sig 0,000 < 0,05, sehingga diperoleh pengaruh yang siginikan antara kedua variabel. Selanjutnya nilai koefisien regresi senilai 0, 463 serta nilai sig 0,000 < 0,05, maksudnya per penambahan senilai 1 satuan marketing mix bisa menambah 0,463 satuan keputusan pembelian. Berlandaskan hasil penelitian disarankan agar pihak manajemen selalu memberikan upaya yang maksimal dalam meningkatkan penerapan marketing mix agar semakin mendorong keputusan pembelian konsumen.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
[2] P. Kotler and G. Amstrong, Manajemen Pemasaran (Prinsip-prinsip manajemen pemasaran), 12th ed. Jakarta, 2012.
[3] K. Amstrong Gary, Dasar-dasar Pemasaran, 9th ed. Jakarta: Erlangga, 2016.
[4] Welasasih, A., & Suyuthie, H. (2020). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Tamu di UNP Hotel and Convention Center. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 1(3), 119-123. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i3.15372.
[5] K. L. Kotler, Philip & Keller, Marketing Management, 15th ed. 2016.
[6] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaif. Bandung: Alfabeta, 2018.
[7] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2017.
[8] P. and G. A. Kotler, Principle of Marketing, Global. New Jersey: Pearson, 2017.
[9] Kotler, Philip and Gary Armstrong. Principle of Marketing (Global Edition). New Jersey: Pearson Education Limited, 2017.
[10] Manvi, Kurnia Illahi. "PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RESTORAN LAMUN OMBAK KOTA PADANG." JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA 11.1 (2019): 94-103.
[11] P. and G. A. Kotler, Principle of Marketing, Global. New Jersey: Pearson, 2017.
[12] Y. Abrian, A. Adrian, and R. Surendra, “Analysis of Factors Affecting Guest Decision in Purchase of Room Service in Hotel ‘Grand Inna Padang,’” J. Bus. Hosp. Tour., vol. 5, no. 2, pp. 193–200, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.22334/jbhost.v5i2.165.