Persepsi Pengunjung Tentang Sapta Pesona di Objek Wisata Pantai Carocok Painan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Latar belakang penelitian ini karena kurangnya penerapan sapta pesona di kawasan objek wisata pantai Carocok Painan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melihat bagaimana Persepsi Pengunjung Tentang Sapta Pesona di Objek Wisata Pantai Carocok Painan. Judul dari penelitian ini adalah Persepsi Pengunjung Tentang Sapta Pesona di Objek Wisata Pantai Carocok Painan. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan populasi berdasarkan data kunjungan dalam rentang September 2020 sampai Februari 2021 sebanyak 26.224 orang. Adapun teknik yang dipakai yaitu non probability sampling dengan mendapatkan jumlah sampel 100 orang. Data- data dikumpulkan memakai kuisioner yang disusun menggunakan skala likert dan dilakukan uji validitas serta realibiltasnya. Kemudian datanya diolah menggunakan program SPSS 20.00. Adapun hasil dari penelitian Persepsi Pengunjung Tentang Sapta Pesona di Objek Wisata Pantai Carocok Painan masuk kedalam kategori baik dengan persentase 46%. Sedangkan masing-masing indikator yaitu: (1) Aman termasuk kedalam golongan kategori sangat baik dengan persentase 62%. (2) Tertib termasuk kedalam golongan kategori sangat buruk dengan persentase 59%. (3) Bersih termasuk kedalam golongan kategori buruk dengan persentase 46%. (4) Sejuk termasuk kedalam golongan kategori sangat baik dengan persentase 62%. (5) Indah termasuk kedalam golongan kategori sangat baik dengan persentase 68%. (6) Ramah termasuk kedalam golongan kategori buruk dan sangat buruk dengan masing-masing persantase 40%. (7) Kenangan termasuk kedalam golongan kategori sangat baik dengan persentase 76%.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Utama Wisata Islami. Skripsi, 2015.
[2] Riawan, A., & Indraphrasta, D. E. A. The Role of Sapta Pesona Wisata in Increasing The
Revenue of Tourism Industry Entrepreneurs at The South Bantul Beaches. Khasanah IlmuJurnal Pariwisata Dan Budaya, 8(2), 2017
[3] Sugiyono. Metedologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. 2018
[4] Khalik, W. Kajian Kenyamanan dan Keamanan Wisatawan di Kawasan Pariwisata Kuta
Lombok. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 2014.
[5] Nitisusastro, M. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta,
2012.
[6] Wisata, P. K. S.. Jakarta: Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 15, 2012.