Tinjauan Kepuasan Mahasiswa D4 Manajemen Perhotelan Universitas negeri Padang tentang Pra Pengalaman Lapangan Industri (PLI)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan, observasi serta informasi dari mahasiswa Manajemen Perhotelan yang telah melaksanakan pra pengalaman lapangan industri. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kepuasan mahasiswa Manajemen Perhotelan tentang pra PLI pada Jurusan Pariwisata, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi D4 Manajemen Perhotelan tahun masuk 2017 yang telah melaksanakan PLI periode Juli-Desember 2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 responden dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Indikator aturan SKS kategori baik (82,25%). 2) Indikator mengikuti kegiatan pembekalan (coaching) kategori cukup baik (77,07%). 3) Indikator masa berlaku pembekalan PLI kategori cukup baik (79,44%). 4) Indikator informasi dari koordinator PLI kategori cukup baik (72,86%). 5) Indikator penetapan dosen pembimbing kategori cukup baik (78,87%). 6) Indikator survei lokasi PLI kategori cukup baik (72,86%). 7) Indikator persyaratan dan waktu yang diberikan perusahaan untuk penerimaan PLI kategori cukup baik (78,69%). 8) Indikator konfirmasi tempat pelaksanaan PLI kepada koordinator PLI kategori cukup baik (73,94%). 9) Indikator proposal PLI kategori cukup baik (74,27%). 10) Indikator surat pengantar dari koordinator jurusan kategori cukup baik (77,75%). 11) Indikator pembuatan surat pengantar dari Unit Hubungan Industri (UHI) kategori cukup baik (77,46%). 12) Indikator konfirmasi dari pihak industri kategori cukup baik indeks TCR 78,87%. 13) Indikator pelaporan ke kantor UHI kategori cukup baik (78,73%). 14) Indikator pembuatan surat pengantar ulang bagi yang ditolak kategori cukup baik (78,73%). 15) Indikator melapor ke dosen pembimbing kategori cukup baik (76,20%).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
V. L. Sabon, M. T. P. Perdana, P. C. S. Koropit, and W. C. D. Pierre, “Strategi Peningkatan Kinerja Sektor Pariwisata Indonesia Pada ASEAN Economic Community,” Esensi J. Bisnis dan Manaj., vol. 8, no. 2, pp. 163–176, 2018, doi: 10.15408/ess.v8i2.5928.
T. I. M. P. Revisi, “Buku Pedoman PLI Unit Hubungan Industri Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.”
Muslim, M. H. (2017). Laporan Praktik Kerja Lapangan Pada Grand Cempaka Business Hotel, Cempaka Putih, Jakarta Timur.
R. Dwiwinarsih, “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Bakmi Aisy Di Depok,” J. Ekon. dan Manaj., vol. 1, pp. 1–15, 2012.
A. Jamaludin, “Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Agus Jamaludin Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI Email : Agus_jamaludin63@yahoo.co.id,” Sosio-E-KONS, vol. 9, no. 2, pp. 125–131, 2017.
D. Rahmawati, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa,” J. Econ., vol. 9, no. 1, pp. 52–65, 2013, doi: 10.21831/economia.v9i1.1376.
C. M. Zellatifanny and B. Mudjiyanto, “Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi dalam ilmu komunikasi the type of descriptive research in communication study,” Diakom J. Media dan Komun., vol. 1, no. 2, pp. 83–90, 2018.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Rini, P. P., Iqbal, M., & Astuti, D. P. (2016). Rancangan Sistem Informasi Konversi Nilai Mahasiswa Pindahan dan Lanjutan (Studi Kasus di STMIK Bina Sarana Global). Jurnal SISFOTEK Global, 6(1).
Ratnasari, S. L. (2013). Pengaruh Faktor-Faktor Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Departemen Produksi PT. X Batam. Buletin Studi Ekonomi.
Siregar, E. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pendidikan dan pelatihan (Diklat) dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM). Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(2), 153-166.