Pengaruh Memorable Tourism Experience Terhadap Revisit Intention di Objek Wisata Pantai Air Manis Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rezvianny Dianty
Youmil Abrian
Rian Surenda

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan tentang kondisi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Air Manis Padang dan telah mencapai fase memorable tourism experience (pengalaman wisatawan yang mengesankan) sehingga berdampak pada revisit Intention (minat kunjung ulang). Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan assosiatif kausal. Populasi pada penelitian ini ialah wisatawan yang berlibur ke  daya tarik Pantai Air Manis Padang. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu sehingga didapatkan 98 sampel.. Instrumen dalam penelitian menggunakan angket  tersusun sesuai skala likert yang di uji validitas lalu reliabilitasnya. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linear.


Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, didapatkan nilai R Square 0,143 yang disimpulkan pengaruh pada variabel memorable tourism experience terhadap revisit intention sebanyak 14,3% serta 85,7% ditentukan oleh variabel lain. Selanjutnya diperoleh nilai F hitung sebesar 15,976 dengan sig. 0.000 < 0.05, maka disimpukan bahwa variabel memorable tourism experience (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel revisit intention (Y). Jumlah nilai t hitung pada penelitian ini bernilai 3,997 dengan sig. 0.000 < 0.05 untuk variabel memorable tourism experience. Koefisien regresi ialah 0.181 dengan nilai sig. 0.000 < 0.05. Maknanya setiap penambahan 1 satuan memorable tourism experience akan menambahkan 0.181 revisit intention.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dianty, R., Abrian, Y., & Surenda, R. (2021). Pengaruh Memorable Tourism Experience Terhadap Revisit Intention di Objek Wisata Pantai Air Manis Padang. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(2), 163-169. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i2.27772

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] N. A. Fadiryana and S. Chan, “Pengaruh Destination Image Dan Tourist Experience Terhadap Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Perceived Value Pada Destinasi Wisata Halal Di Kota Banda Aceh,” J. Manaj. Inov., vol. 10, no. 2, pp. 1–23, 2020.
[2] A. Nisa, L. Nabila, S. Armida, J. P. Ekonomi, F. Ekonomi, and U. N. Padang, “Pengaruh Customer Perceived Value dan Customer Experience Terhadap Revisit Intention pada Objek Wisata The Great Wall of Koto Gadang,” vol. 3, no. 3, pp. 477–487, 2020.
[3] A. D. I. Finardi and Y. Yuniawati, “Gunung Tangkuban Perahu Pengaruh Customer Experience Terhadap Revisit Intention Di,” Tour. Hosp. Essentials J., vol. 6, no. 1, pp. 983–994, 2016.
[4] S. A. dan A. R. Ardiansyah Muhammad, “PENILAIAN MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE SEBAGAI FAKTOR PENENTU DAYA SAING DESTINASI WISATA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RAPID APPRAISAL (RAP),” J. Ilm. Manaj., vol. 8, no. 2, pp. 272–291, 2018.
[5] Verinita, “Pengukuran Memorable Tourism Experience Scale (MTES) Dengan Pendekatan Kim Ritchie Mccormick Untuk Meningkatkan Intensi Berkunjung Kembali Ke Desa Wisata Rantih Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat,” Pros. Semin. Nas. ASBIS, Politek. Negeri Banjarmasin, pp. 429–450, 2016.
[6] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.
[7] Ahmad Zulfi Utama, “Peran Dimensi Memorable Tourism Experience (MTE) Dalam Upaya Meningkatkan Intensi Berkunjung Kembali Ke Desa Wisata Sumber Maron,” pp. 68–70, 1377.
[8] R. Kusherdyana, S. Muslim, and H. Soesanto, “The Contribution Of Tourist Experience Towards Tourists Revisit Intention At Seribu Island In DKI Jakarta,” Tour. Sci. J., vol. 5, no. 2, pp. 133–147, 2020.
[9] R. Setiawan and D. A. Kurniawan, “Analisis Tourist Experience Terhadap Revisit Intention pada Objek Wisata Air Panas Se Kabupaten Garut,” Bus. Innov. Entrep. J., vol. 1, no. 3, pp. 175–180, 2019, doi: 10.35899/biej.v1i3.70.
[10] Y. P. Setiyariski Ramdani,Syarifuddin,Didin Kristiutami, “Membangun Nilai Behavioral Intention Melalui Tourist Experience (Studi Tentang Tourist Experience Dampaknya Terhadap Behavioral Intention di Floating Market Lembang),” J. media wisata, vol. 1, no. 1, pp. 25–34, 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.