Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Daya Tarik Wisata Danau Diatas Alahan Panjang Kabupaten Solok
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Judul penelitian ini adalah Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Daya Tarik Wisata Danau Diatas Alahan Panjang Kabupaten Solok. Tujuan penelitian yaitu guna mengidentifikasi serta mendeskripsikan Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Daya Tarik Wisata Danau Diatas Alahan Panjang Kabupaten Solok. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa persepsi tentang fasilitas oleh wisatawan yang telah berkunjung ke tempat wisata danau diatas. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sedangkan populasi pada penelitian ini yaitu wisatawan yang berada dan pernah berwisata ke daya tarik wisata Danau Diatas Alahan Panjang. Sampel penelitian ini berjumlahkan 71 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling. Dan jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian: secara keseluruhan Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Daya Tarik Wisata Danau Diatas Alahan Panjang Kabupaten Solok menunjukkan kategori baik dengan interpretasi persentase penilaian sebesar 42,25%. Selanjutnya berdasarkan indikator berikut ini : (1) indikator bentuk dominan menunjukkan kategori baik dengan interpretasi persentase penilaian responden sebesar 49,30%. (2) Indikator fungsi fasilitas dominan menunjukkan kategori baik dengan interpretasi persentase penilaian responden sebesar 46,48%. (3) Indikator lokasi fasilitas dominan menunjukkan kategori baik dengan interpretasi penilaian respon persentase penilaian responden sebesar 42,25%. Dan (4) Indikator mutu fasilitas dominan menunjukkan kategori baik dengan interpretasi persentase penilaian responden sebesar 49,30%.
Kata Kunci :Persepsi, Fasilitas, Daya Tarik Wisata Danau Diatas
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
[2] Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Andi, 2016.
[3] F. F. C. Wolah, “Peranan Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kabupaten Poso,” E-Journal “Acta Diurna,” Vol. V, No. 2, 2016.
[4] S. K. Dan A. Nurcahyo, “Motivasi Dan Persepsi Pengunjung Terhadap Obyek Wisata Desa Budaya Pampang Di Samarinda,” J. Manaj. Resort Dan Leis., Vol. 12, No. 2, 2015.
[5] K. F. Nieamah, “Persepsi Wisatawan Mancanegara Terhadap Fasilitas Dan Pelayaan Di Candi Prambanan,” J. Nas. Pariwisata, Issn 1411-9862, Vol. 6, No. 1, Pp. 39–45, 2014.
[6] L. Nasution Et Al., “Pengaruh Program Sapta Pesona Dan Fasilitas Terhadap Tingkat Kunjungan Objek Wisata T-Gardendi Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang,” J. Darma Agung, Vol. 28, No. 2, Pp. 211–230, 2020.
[7] Fauzan Azima, Silfeni, “Persepsi Pengunjung Tentang Fasilitas Objek Wisata Gunuang Padang Di Kota Padang,” Fak. Pariwisata Dan Perhotelan Unp, 2017.
[8] Dr. Sandu Siyoto, Skm., M.Kes & M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media, 2015.
[9] Sithy Fatimah, Silfeni, “Persepsi Pengunjung Tentang Fasilitas Wisata Di Objek Wisata Lembah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota,” Fak. Pariwisata Dan Perhotelan Unp, 2014.
[10] Triska Marvidola, Kasmita, “Persepsi Wisatawan Tentang Promosi Dan Fasilitas Objek Wisata Museum Adityawarman Di Kota Padang,” Fak. Pariwisata Dan Perhotelan Unp, 2014.