Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di UNP Hotel & Convention

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eva Lusiyana
kasmita kasmita

Abstract

Penelitian ini diangkat dari pengamatan penulis mengenai service quality yang belum dijalankan dengan baik sehingga menemukan complain dari tamu. Penelitian ini memiliki tujuan  mengungkapkan seberapa besar pengaruh service quality terhadap kepuasan tamu. Jenis deskriptif kuantitatif dengan hubungan kausal merupakan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu service quality sebagai variabel bebas dan kepuasan tamu sebagai variabel terikat. Tamu yang pernah menginap di UNP Hotel & Convention adalah populasi dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket/kuisioner dengan 5 pilihan jawaban, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukan bahwa service quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu menginap di UNP Hotel & Convention dengan besaran kontribusi pengaruh 13,2%, dan koefisien regresi sebesar 0,426. Service quality pada katagori baik (66,25%), didapatkan nilai F 11.861, nilai t 3.437. Dengan saran lebih memperhatikan grooming karyawan, kebersihan fasilitas dan kehandalan dalam menghandle tamu.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lusiyana, E., & kasmita, kasmita. (2021). Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di UNP Hotel & Convention. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(1), 59-66. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i1.26072

References

[2] Z. Yamit, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia, 2010.
[3] U. Fariza, N. Rachma, and M. Hufron, “Pengaruh Service Quality terhadap Customer Loyalty Dimediasi Customer Satisfaction dan Switching Cost Sebagai Variabel Moderating.,” J. Ris. Manaj., vol. 8 No.15, pp. 100–114, 2019.
[4] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaif. Bandung: Alfabeta, 2018.
[5] F. Tjiptono, Service Manajemen: Mewujudkan layanan Prima. Yogyakarta: Andi, 2012.
[6] F. Tjiptono, Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi, 2014.
[7] B. Simamora, Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
[8] D. Baetie, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Niagara Prapat Provinsi Sumatera Utara,” JOM FISIP, vol. 5 No. 1, pp. 1–13, 2018.
[9] M. F. Nugroho, “Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Honda Utama Motor Yogyakarta,” Univeristas Negeri Yogyakarta, 2016.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.