Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan di The Axana Hotel Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini diawali oleh permasalahan dimana gaya kepemimpinan transformasional merupakan bagian penting untuk meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini melihat Kontribusi gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja dalam peningkatan kinerja karyawan. The Axana Hotel Kota Padang, metode asosiatif kausal digunakan dalam penelitian ini. Sample dalam penelitian ini adalah karyawan dengan teknik pengumpulan data non-probability sampling dan jumlah sample sebanyak 71 orang karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan cara menyebarkan kuesioner dengan dua puluh empat butir pernyataan, empat belas butir pernyataan gaya kepemimpinan transformasional dan sepuluh pernyataan untuk kinerja karyawan.
Berdasarkan pengujian hipotesis, didapatkan nilai R Square dengan angka 0,097 yang artinya kontribusi pengaruh variabel gaya kepemimpinan transformasional terhadap variabel kinerja karyawan dengan angka 9,7% dan selanjutnya 90,3% dikarenakan faktor lain yang tidak diteliti didalam penelitian ini.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Hotel Padang,” E-Journal Home Econ. Tour., vol. Vol 15 No., 2017.
[2] Rivai.Veithzal, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek,.
Bandung.: Rajagrafindo persada,. Rajagrafindo persada, 2013.
[3] A. A. A. P. Mangkunegara and M. Huddin, “The Effect of Transformational Leadership and
Job Satisfaction on Employee Performance,” Univers. J. Manag., vol. 4, no. 4, 2016, doi:
10.13189/ujm.2016.040404.
[4] Gusnetti, “Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada PT. Garuda Indonesia
Pekanbaru,” vol. Vol. 1 No., 2014.
[5] M. S. P. Hasibuan, “Manajemen Sumber Daya Manusia,” Ed. Revisi Jakarta Bumi Aksara,
2011.
[6] R. P. Guay and D. Choi, “To whom does transformational leadership matter more? An
examination of neurotic and introverted followers and their organizational citizenship
behavior,” Leadersh. Q., vol. 26, no. 5, 2015, doi: 10.1016/j.leaqua.2015.06.005.
[7] T. Mondiani, “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kompensasi Terhadap Kinerja
Karyawan Pt . Pln ( Persero ) Upj Semarang,” J. Adm. Bisnis Vol., vol. 1, no. 1, 2012.
[8] A. Sulastiyono, “Manajemen penyelenggaraan hotel: seri manajemen usaha jasa sarana
pariwisata dan akomodasi,” Bandung Alf., 2001.
[9] S. Pasundan, “PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI
KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN,” J. Ekon. Bisnis Entrep., vol. 11, no. 1, pp.
59–74, 2017.
[10] D. Sugiyono, Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D / Sugiyono. 2018.
[11] S. A. Trmal, U. S. A. Bustamam, and Z. A. Mohamed, “The Effect of Transformational
Leadership in Achieving High Performance Workforce That Exceeds Organisational
Expectation: A Study from a Global and Islamic Perspective.,” Glob. Bus. Manag. Res., vol.
7, no. 2, pp. 88–94, 2015.
[12] A. Rizqi, Kasmita, kasmita, and F. Feri, “PENGARUH KEPEMIMPINAN MANAJER
TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI NEW D’DHAVE HOTEL PADANG,”
J. Home Econ. Tour., vol. 15, no. 2, p. 70, 2017, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
[13] F. Rozy and P. Pasaribu, “PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GENERAL MANAGER
TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI KHARISMA HOTEL BUKITTINGGI Fakhrul,”
J. Pendidik. Dan Kel., vol. 11, no. 2, pp. 277–283, 2019, doi:
https://doi.org/10.24036/jpk/vol11-iss02.
[14] M. Arman and K. Kasmita, “Pengaruh Pengawasan Supervisor Di Room Division Terhadap
Kinerja Karyawan Hotel Axana Padang,” J. Pendidik. Teknol. Kejuru., vol. 1, no. 4, pp. 161–
166, 2018, doi: https://doi.org/10.24036/jptk.v1i4.2723.
[15] N. Forendes, A. Adrian, and A. K. Fiza, “PENGARUH FASILITAS KERJA KARYAWAN
TERHADAP TURNOVER INTENTION DI IMELDA HOTEL WATERPARKCONVENTION PADANG,” J. Kaji. PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, vol. 2, no.
1, pp. 96–100, 2020, doi: https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i2.9172.
258
[16] A. Andre and Y. Abrian, “PENGARUH PELATIHAN TERHADAP PRESTASI KERJA
KARYAWAN DI THE AXANA HOTEL PADANG,” J. Kaji. PARIWISATA DAN BISNIS
PERHOTELAN, vol. 1, no. 1, pp. 7–16, 2020, doi: https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i1.2372.
[17] M. Jecky and K. Kasmita, “PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA
KARYAWAN AYANA RESORT AND SPA BALI,” J. Kaji. PARIWISATA DAN BISNIS
PERHOTELAN, vol. 1, no. 1, pp. 39–45, 2020, doi: https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i1.4172.
[18] redamasari Redamasari and yuliana Yuliana, “PENGARUH MOTIVASI TERHADAP
PRESTASI KERJA DI DAIMA HOTEL PADANG Redamasari1,” J. Pendidik. Dan Kel.,
vol. 11, no. 2, pp. 174–182, 2019, doi: https://doi.org/10.24036/jpk/vol11-iss02