Citra Destinasi Pantai Padang Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Sumatera Barat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Annisa Eka Gustia
Trisna Putra

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi dan ulasan pengunjung di sosial media, didapat masalah terkait citra destinasi yaitu seperti pemalakan, kemenarikan lingkungan, kebersihan lingkungan pantai, dan beberapa masalah terkait infrastruktur, yang kemudian peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat seberapa besar citra destinasi Pantai Padang sebagai daerah tujuan wisata di Sumatera Barat yang ditinjau dari indikator citra destinasi kognitif, unik, dan afektif. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan populasi merupakan wisatawan yang sempat maupun lagi berkunjung ke Pantai Padang.  Metode yang digunakan buat riset ini ialah incidental sampling, serta sampel riset berjumlah 151 responden. Data diperoleh dari kuesioner yang teruji validitas dan reliabilitasnya serta diukur dengan skala likert. Analisis data dan teknik pengolahan yang dilakukan adalah deskriptif, untuk mendapatkan hasil frekuensi data, maka data diolah dengan aplikasi SPSS 25 dan menemukan hasil berupa rata-rata, nilai maksimal, minimal, median, dan standar deviasi. Hasil penelitian mengenai citra destinasi Pantai Padang diperoleh 35,8 % dari 151 responden menyatakan cukup baik terhadap citra destinasi Pantai Padang.


Kata kunci: Citra Destinasi, Pantai Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Gustia, A., & Putra, T. (2021). Citra Destinasi Pantai Padang Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Sumatera Barat. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(1), 7-12. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i1.24872

References

[1] Arjana, I Gusti Bagus. 2015. Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Depok: PT RajaGrafindo Persada
[2] Arafat, Wilson. 2006. Behind A Powerful Image: Menggenggam Strategi dan Kunci-kunci Sukses Menancapkan Image Perusahaan yang Kokoh. Yogyakarta: Andi
[3] Coban, Suzan. The effects of the image of destination on tourist satisfaction and loyalty: the case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences. Vol. 29, No. 2. 2012
[4] Hailin Qu, et al. A model of destination branding: Integrating the concepts of the branding and destination image. Tourism Management. Vol. 32, No. 3. 2010
[5] Bungin, Burhan. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
[6] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[7] Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[8] Beerli, A. & Martin, J.D. Tourists’ Charac-teristics and the Perceived Image of Tourist Destination: A Quantitative Analysis – A Case Study of Lanzarote, Spain. Tourism Management. Vol. 25, No. 5. 2004
[9] Coban, Suzan. The effects of the image of destination on tourist satisfaction and loyalty: the case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences. Vol. 29, No. 2. 2012
[10] Artuğer, S., et al. The effect of destination image on destination loyalty: application in Alanya. European Journal of Business and Management. Vol. 5, No. 13. 2013

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.