Pengaruh Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Hotel Grand Inna Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mia Muthia Ulfa
Rian Surenda

Abstract

Penelitian ini diangkat dari pengamatan penulis mengenai komunikasi kepuasan kerja karyawan yang belum terlaksana dengan baik. Dalam hal ini penulis menemukan permasalahan, seperti : Adanya karyawan yang mengeluh terhadap beban kerja yang melebihi 12 jam kerja, Adanya keluhan  karyawan food&beverage service ketika high season,Adanya karyawan yang merasakan sikap otoriter dari pemimpinnya, Kurang terjalinnya kerjasama antara sesama karyawan yang dikarenakan konflik dalam bekerja, Adanya misskomunikasi yang terjadi antar departemen terutama pada bagian operasional mengenai status kamar, Terdapatnya kurang koordinasi antara karyawan bagian reservasi dengan karyawan bagian Front Office.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan Grand Inna Hotel Padang.Data yang digunakan data primer yaitu jumlah karyawan. Penelitian  menggunakan sampel jenuh yang mana seluruh karyawan yang ada di Grand Inna Hotel Padang. Selanjutnya cara mengumpulkan data ini ialah dengan menyebarangket dengan memakai metode skala likert. Hasil penelitian ini sebagai berikut: komunikasi berada pada kategori cukup baik (49,19%),kepuasan kerja beradapada kategoricukup baik (49,19%) didapatkan nilai F 16.714, nilai t 4.088dan nilai R square 0,221.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ulfa, M., & Surenda, R. (2021). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Hotel Grand Inna Padang. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(1), 13-18. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i1.24372

References

[1] Sulastiyono, Agus.2011 .Manajemen Penyelenggaraan Hotel.Bandung: Alfabeta
[2] Husein, Umar. 2000Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka..
[3] Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
[4] Sugiyono. 2013.Metode Penelitiankuantitatif, kualitatifdanR&D. Bandung: Alfabeta.
[5] Mulyana, D., 2013. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar (Cetakan Kelimabelas). Remaja Rosdakarya. Bandung.
[6] Bateman, Thomas S, dan Snell, Scott A. 2014.Management, Jakarta
[7] Hasibuan. ( 2010) .Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
[8] A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.Bandung : Remaja Rosdakarya.
[9] ARDIANSYAH, D.. PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA (Studi Pada Bagian Produksi Pabrik Kertas PT. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung).. Jurnal Bisnis dan Manajemen, North America, 3, Dec. 2017
[10] LAWASI, E., TRIATMANTO, B.. Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Kerjasama Tim Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, North America, 5, jun. 2017. Available at:

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.