PENERAPAN STANDARD OPERATING PROCEDURE MAKANAN DAN MINUMAN OLEH PRAMUSAJI DI RESTORAN DARA HOTEL NEW D’DHAVE PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

M. Ilham
Waryono Waryono

Abstract

Penelitian ini berawal dari pramusaji dalam melakukan pelayanan makanan dan minuman masih belum sepenuhnya mengikuti SOP yang telah ditetapkan oleh Manager New d’Dhave Hote Padang.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan standart operating procedurepelayanan makanan dan minuman oleh pramusaji di Restoran Dara Hotel New d’Dhave Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini yang menjadi objek penelitian yaitu pelayanan makanan dan minuman.Sumber data dalam penelitian ini diambil 3 orang pramusaji dan 1 orang supervisor. Jenis data yang akan dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, obervasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data yaitu eduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dari 11 prosedur operasi standar yang ada di Hotel Dara Hotel New D'Dhave Padang, terdapat 3 prosedur operasi standar yang belum dilaksanakan yaitu: duduk tamu, menyajikan roti dan mentega dan menyajikan hidangan penutup, kopi atau teh Penelitian ini dimulai dengan pelayan dan pelayan dalam melakukan layanan makanan dan minuman, tetapi masih belum sepenuhnya mengikuti SOP yang ditetapkan oleh Manajer New D'Dhave Hote Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan prosedur operasi standar untuk layanan makanan dan minuman oleh pelayan di Dara Hotel New D'Dhave Padang Restaurant. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini objek penelitian adalah layanan makanan dan minuman. Sumber data dalam penelitian ini diambil oleh 3 pelayan dan 1 supervisor. Jenis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data adalah reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dari 11 prosedur operasi standar di Dara Hotel New D'Dhave Padang Restaurant, ada 3 prosedur operasi standar yang belum diterapkan, yaitu: duduk tamu, menyajikan roti dan mentega dan menyajikan makanan penutup, kopi atau teh.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ilham, M., & Waryono, W. (2020). PENERAPAN STANDARD OPERATING PROCEDURE MAKANAN DAN MINUMAN OLEH PRAMUSAJI DI RESTORAN DARA HOTEL NEW D’DHAVE PADANG. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 1(1), 17-24. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i1.2472

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.