Strategi Promosi Daya Tarik Wisata Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Penelitian dilatarbelakangi dengan adanya daya tarik wisata yang lagi maraknya dibicarakan yaitu daya tarik wisata Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan, jadi membutuhkan strategi promosi yang tepat untuk mempromosikan daya tarik wisata dengan indikator sebagai berikut yaitu: iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Intinya dalam penelitian ini yang mana terdapat beberapa masalah seperti masih kurangnya perhatian pihak pengelola untuk mempromosikan daya tarik wisata Kawasan Mandeh Kabupten Pesisir Selatan melalui media sosial, website, media cetak, dll. Masih sedikit diadakan acara sejenis event maupun festival padahal memiliki potensi yang besar apabila digunakan untuk sebuah acara, masih ada tempat-tempat bagus yang belum banyak terekspos ke publik, dan kurangnya perhatian pengelola untuk memperkenalkan makanan ciri khas Nagari Mandeh di daya tarik wisata padahal ini dapat menambah pendapatan bagi masyarakat setempat nantinya.
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis strategi promosi yang sudah ada dan mengevaluasi strategi promosi tersebut kearah yang lebih baik guna untuk kemajuan daya tarik wisata Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan kedepannya dan bertambahnya jumlah kunjungan wisatawan domsestik maupun mancanegara sesuai dengan semua potensi yang di miliki daya tarik wisata Kawasan Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian memakai teknik purposive sampling dengan informannya dua pegawai dinas pariwisata pemuda dan olahraga selaku pengelola, serta tiga orang pengunjung, dan dua orang masyarakat setempat. Teknik analisis penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Kata Kunci : Strategi, Promosi, Daya Tarik Wisata
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
[2] Suryadi, Didih. 2013. Promosi Efektif Menggugah Minat & Loyalitas Pelanggan. Platinum.
[3] Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 2. Jakarta: Erlangga
[4] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[5] Sitorus, onny fitriana dkk. 2017. Buku ajar strategi promosi pemasaran. https://bahanajar.uhamka.ac.id.
[6] Basu, Swasta dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.
[7] Habibah, Nur. 2016. Strategi Pengembangan Prasarana dan Sarana Daya Tarik Wisata Danau Marambe di Kabupaten Mandailing Natal. Padang.
[8] Rangkuti, Fredy. 2003. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
[9] Cipta Assauri, Softjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
[10] Indriyo, Gitosudarmo. 2008. Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE – Yogyakarta.