Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kamar Oleh Tamu di UNP Hotel & Convention Kota Padang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan dimana promosi merupakan bagian penting di pemasaran dengan tujuan penelitian melihat pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam membeli kamar di UNP Hotel & Convention Padang, penelitian ini merupakan penelitian dengan metode asosiatif kausal. Sampel yang digunakan merupakan tamu yang pernah menginap dan sedang menginap di UNP Hotel & Convention Padang yaitu berjumlah 88 orang tamu dengan teknik probability sample. Teknik pengumpulan data menggunakan cara menyebarkan kuesioner dengan dua puluh lima butir pernyataan, sepuluh butir pernyataan untuk bauran promosi dan lima belas pernyataan untuk keputusan pembelian kamar. Selanjutnya data dideskripsikan serta dikakukan uji persyaratan analisis dan uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan koefisien determinasi dengan SPSS versi 22.00
Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis, didapatkan nilai R Square dengan angka 0,262 yang artinya pengaruh untuk variabel (X) bauran promosi dan variabel (Y) dimana keputusan pembelian kamar dengan angka 26,2% dan selanjutnya 73,8% dikarenakan faktor lain. Maka didapat koefisien regresi dengan angka 0,928 nilai signifikannya adalah 0,000<0,5. Dapat diartikan dalam tingkatan angka 1 satuan bauran promosi mengalami peningkatan 0,928 pada keputusan pembelian kamar. Jadi hipotesisnya adalah Ha diterima dan Ho ditolak.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
[2] Setiadi, Nugroho J. Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi Revisi. Jakarta : Kencana. 2010
[3] Erdin, A., & Kasmita, K. (2020). PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL NEW D’DHAVE PADANG. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 1(2), 59-63. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i2.7172
[4] Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc. 2016
[5] Y. Abrian, A. Adrian, and R. Surendra, “Analysis of Factors Affecting Guest Decision in Purchase of Room Service in Hotel ‘Grand Inna Padang,’” J. Bus. Hosp. Tour., vol. 5, no. 2, pp. 193–200, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.22334/jbhost.v5i2.165.
[6] Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alabeta 2015
[7] Simamora , Henry. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : STIEY 2015
[8] Assauri, Sotjan. Manajemen Pemasaran : Dasar, Kosep, dan Strategi, Jakarta : PT Raja Grafindo Perseda. 2015
[9] Sri Wdyanti Hastuti, M., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99-102. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v8i2.622