Strategi Pengembangan Aktivitas Wisata Di Objek Wisata Pantai Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurmailis Nurmailis
Hijriyantomi Suyuthie

Abstract

Judul penelitian ini adalah Strategi Pengembangan Aktivitas Wisata di Objek Wisata Pantai Padang. Penelitan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Penelitian ini melibatkan beberapa informan diantaranya: 1 orang pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, 2orang masyarakat sekitar, dan 3 orang pengunjung.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kekuatan pengembangan aktvitas wisata di objek wisata Pantai Padang adalah lokasi ditengah kota dan mudah dijangkau, pemandangan alam yang indah, pasir landai cocok untuk bermain voli, disediakan arena skateboarding, tersedia panggung untuk festival budaya dan berkemah, jalan mulus dan lurus untuk bersepeda. 2) Kelemahan pengembangan aktivitas wisata di objekwisata Pantai Padang adalah kurangnya spot berfoto, toilet sedikit dan kotor, tidak ada jalur khusus bersepeda, arena skateboaring yang belum terlalu mulus, masih banyak nya sampah berserakan, tidak ada pagar pengaman untuk bermain skateboarding, tidak adanya pembatas untuk aktivitas banana boat. 3)Peluang dari pengembangan aktivitas wisata di Pantai Padang adalah bias menjadi peluang bisnis untuk masyarakat sekitar dalam penyewaan sepeda, alat kemah, memperkenalkan budaya Sumbar kepengunjung lokal/mancanegara. 4)Ancaman pengembangan aktivitas wisata diobjek wisata Pantai  Padang adalah keadaan alam seperti hujan, badai, ombak besar dan tsunami, bias menjadi aktivitas negatif, abrasipantai, terjadi kecelakaan.


Strategi pengembangan aktivitas wisata di objekwisata Pantai Padang adalah a) menambah area berfoto, b) menambahfasilitas toilet, c) membuat jalur khusus bersepeda, membuat pembatas aktivitas banana boat, memuat pagar arena skateboarding.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurmailis, N., & Suyuthie, H. (2021). Strategi Pengembangan Aktivitas Wisata Di Objek Wisata Pantai Padang. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 1(3), 137-143. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i3.22272

References

[1] Sasmaya, Ayudia. 2018. Pengaruh Fasilitas Kamar Terhadap Kepuasan Tamu Menginap Di Grand Rocky Hotel Bukittinggi. Fasilitas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.
[2] Undang-Undang Negara Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
[3] Undang-Undang Negara Republik Indonesia No. 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan
[4] Wahab, Salah. 2003. Manajemen Pariwisata. Jakarta: PT Pradya Paramitha.
[5] Karyono, A. Hari. 1997. Jakarta. Gasindo
[6] Mulyono, A., M. 2009. Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama
[7] Angguni, Frisye. 2016. Strategic Planning Aktivitas Wisata di Panorama Bukik Siduali Tabek Patah. Padang: Universitas Negeri Padang (Skripsi yang tidak dipublikasikan)
[8] Ingkadijaya, Rahmad dkk. 2016. Aktivitas Wisata Pilihan Keluarga Perkotaan. Jakarta: Jurnal Khasanah Ilmu Volume 7 No. 1
[9] Juniva S, Silfeni S, Suyuthie H. (2017). Pengaruh Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Di Objek Wisata Ngalau Indah Kota Payakumbuh. E-Jurnal Home Economic and Tourism-Vol 15 Issue2
[10] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
[11] Siswanto, Victorianus Aries. 2011. Strategi dan langkah-langkah penelitian. Pekalongan: Graha Ilmu
[12] Habibah, Nur. 2015. Strategi Pengembangan Sarana dan Prasaran Objek wisata Danau Marambe Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi Yang Tidak Dipublikasikan : UNP

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.