Tinjauan Stres Kerja Karyawan Kyriad Bumiminang Hotel Kota Padang Pada Masa Pandemi Covid-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fauzi Seprilianda
Arif Adrian

Abstract

Penelitian ini membahas tentang stres kerja karyawan hotel, tujuan penelitian ini mengetahui stres kerja karyawan. Penelitian ini dilatar belakangi dari komentar-komentar karyawan seperti waktu kerja haya 15 hari berdampak terhadap gaji karyawan menurun. Metode penelitian yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner ke karyawan hotel dengan jenis penelitian deskriftif kuantitatif. Populasi penelitian adalah karyawan Kyriad Bumiminang hotel yang bekerja dengan jumlah 68 orang. Pemilihan sampel dilakukan cara non probability sampling. Penulisan pernyataan pada kuesioner bersifat positif dan menggunakan skala likert.


 


Dapat ditarik kesimpulan bahwasanya stres kerja karyawan Kyriad Bumiminang Hotel dikategorikan kurang baik dengan rata-rata nilai 72.21 dalam rentang skor 64-80, frekuensi 58 orang dengan persentase 85% artinya tingkat stres kerja karyawan terbilang tinggi. Adapun hasil tiap indikator variabel adalah beban kerja berada pada kategori tidak setuju dengan presentase 37% dalam rentang skor 8,1-10,7 sikap pemimpin berada pada kategori kurang setuju dengan presentase 35% dalam rentang skor 10,7-13,3 waktu kerja berada pada kategori kurang setuju dengan presentase 37% dalam rentang skor 8,1-10,7 konflik kerja terdapat dua kategori sebanding tidak setuju dan kurang setuju, tidak setuju dengan presentase 29% dalam rentang skor 8,1-10,7 dan kurang setuju dengan presentase 29% dalam rentang skor 10,7-13,3 komunikasi kerja berada pada kategori kurang setuju dengan presentase 37% dalam rentang skor 10,7-13,3 otoritas kerja berada pada kategori kurang setuju dengan presentase 40% dalam rentang skor 10,7-13,3 artinya hotel Kyriad Bumiminang harus memperhatikan kembali stres kerja yang terjadi pada karyawan. Disarankan agar pihak hotel melakukan evaluasi secara bertahap sehingga stres kerja yang terjadi dapat diminimalisir.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Seprilianda, F., & Adrian, A. (2021). Tinjauan Stres Kerja Karyawan Kyriad Bumiminang Hotel Kota Padang Pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 1(3), 161-168. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i3.21872

References

[1] Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 2014
[2] Sondang P Siagian Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara. 2015
[3] KEMENKES RI NO HK 01.07/MENKES/383/2020
[4] Sugiyono. Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta 2010
[5] Munandar. Ashar Sunyoto. Cetakan Ke 8 Psikologi Industri dan Organisasi. Universitas Indonesia, Jakarta 2008
[6] Hasibuan, Malayu S.P.,Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. 2011
[7] Komarudin. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Rineka Cipta 2006
[8] Wahyudi. Konflik Dalam Organisasi. Bandung : CV. Alfabeta. 2011
[9] Marwansyah. Manajemen Sumber Daya Manusia, Alfabeta, Bandung. 2010
[10] Sutrisno, E. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana, Jakarta. 2017

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.