Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Food and Beverage Departement di Holiday Inn Resort Batam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nanda Wulandari
Feri Ferdian
Arif Adrian

Abstract

Penelitian yang berawal dari pengalaman saat mengikuti Praktek Lapangan Industri di Holiday Inn Resort Batam, dimana karyawan masih memiliki kinerja rendah dan kurang disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja tehadap kinerja karyawan FnB departmen di Holiday Inn Resort Batam. Jenis Penelitian adalah deskriptif kuantitatif menggunakan metode Asosiatif Kausal, bertujuan melihat seberapa besar pengaruh disiplin kerja (X) tehadap Kinerja Karyawan (Y) di Holiday Inn Resort Batam.Populasi di penelitian ini yaitu seluruh karyawan food and beverage department dengan jumlah 37 orang, sampel diambil menggunakan teknik sampel jenuh menjadikan seluruh populasi sebagai sampel peneliti yaitu sebanyak 37 orang. Untuk data primer pada variabel disiplin kerja didapat dengan melalui penyebaran angket dan untuk data sekunder  divariabel kinerja karyawan didapat langsung dari HRD Holiday Inn Resort Batam. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 16.00. Hasil dari penelitian yakni: (1) Disiplin Kerja ada di kategori cukup (81,08%) (2) Kinerja Karyawan ada di kategori cukup (43,25%). Kemudian hasil dari uji hipotesis regresi linear sederhana nilai F 27,862 dengan sig (0,00) < 0,05 maka variabel disiplin kerja bisa dinyatakan bahwa kinerja karyawan secara signifikan dengan nilaiiR square 0,443. Jadi kontribusi variabel disiplin kerja terhadap kinerja karyawan 44,3% dan 55,7% ditentukan olehfaktor lain. Kemudian diperoleh nilai t 5.278 dengan taraf sig. 0,00< 0,05. Selanjutnya diperoleh hubungan signifikansi diantara kedua variabel.




##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wulandari, N., Ferdian, F., & Adrian, A. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Food and Beverage Departement di Holiday Inn Resort Batam. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(2), 180-186. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i2.19572

References

[1] Sinaga. 2010. Potensi dan Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah.
Kertas Karya. Program DIII Pariwisata. Universitas Sumatera Utara
[2] Sulastiyono, Agus 2011. Manajemen Penyelenggara Hotel. Bandung: Manajemen Hotel
[3] Marwansah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta CV
[4] Siagan, Sondang P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
[5] K. Pada, P. T. Bank, and S. Mandiri, “Pengaruh kepemimpinan terhadap disiplin kerja
karyawan pada pt. bank syariah mandiri,” J. Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 2, no. 2, 2017, doi:
DOI: http://dx.doi.org/10.15548/jebi.v2i2.98.
[6] M. Jecky and K. Kasmita, “PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA
KARYAWAN AYANA RESORT AND SPA BALI,” J. Kaji. PARIWISATA DAN BISNIS
PERHOTELAN, vol. 1, no. 1, pp. 39–45, 2020, doi:
https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i1.4172.
[7] Susiani ; and H. Suyuthie, “PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP
KINERJA KARYAWAN DI THE AXANA HOTEL PADANG,” Mimb. J. Penelit. Sos.
dan Polit., vol. 8, no. 2, pp. 98–104, 2019, doi: https://doi.org/10.32663/jpsp.v8i2.1017.
[8] M. Arman and K. Kasmita, “Pengaruh Pengawasan Supervisor Di Room Division Terhadap
Kinerja Karyawan Hotel Axana Padang,” J. Pendidik. Teknol. Kejuru., vol. 1, no. 4, pp.
161–166, 2018, doi: https://doi.org/10.24036/jptk.v1i4.2723.
[9] F. Yosanti, “Pengaruh Burnout Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Crowne Plaza Bandung,”
Kaji. Pariwisata dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 64–67, 2020, doi:
https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i2.7672.
[10] Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.