Pengaruh Sarana dan Prasarana Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Pulau Pasumpahan Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rahmad Ryanda
Nidia Wulansari

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kepuasan wisatawan yang berkunjung di pulau pasumpahan padang. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kepuasan wisatawan di pulau pasumpahan. Judul dari penelitian ini adalah Pengaruh sarana dan prasara wisata terhadap kepuasan wisatawan di pulau pasumpahan. Teknik yang dipakai komunikasi tidak langsung dengan cara menyebar kuosioner yang  diberikan kepada wisatawan lalu di olah menggunakan program spss.  Penelitian ini masuk kepada penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan memakai metode asosiatif kausal. Dalam penelitian ini populasinya adalah wisatawan yang pernah berkunjung ke pulau pasumpahan Padang, dengan sampel sebanyak 87 orang dengan teknik pengambilan sampel non problability sampling dengan penentuan sampel berdasarkan kriteria umur di atas 20 tahun. Data yang digunakan pada penelitian ini data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan penyebaran angket menggunakan metode skala likert. Data ini dianalisis menggunakan program SPSS versi 22.00. Hasil dari penelitian ini menyatakan sarana dan prasarana berada pada kategori kurang baik (56%), kepuasan wisatawan berada pada kategori kurang puas (77%) dan nilai R square 0,330 hasil uji hipotesis diperoleh nilai F hitung 41,775 dengan sig 0,000  0,05 dan diperoleh nilai t sebesar 6,463 dengan taraf sig 0,000  0,05 mengartikan variabel X dapat mempengaruhi variabel Y secara signifikan. Maka variabel sarana dan prasarana X mempengaruhi variabel kepuasan Y. Diperoleh koefisien regresi sebesar 0,631 dengan signifikansi 0,000  0,05 yang berarti setiap peningkatan 1 satuan sarana prasarana dapat meningkatkan 0,631 satuan kepuasan . Berdasarkan dari hasi penelitian , sarana dan prasarana mempengaruhi kepuasan wisatawan di pulau pasumpahan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ryanda, R., & Wulansari, N. (2021). Pengaruh Sarana dan Prasarana Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Pulau Pasumpahan Padang. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i1.19172

References

N. 10 T. 2009 Undang-Undang Republik Indonesia, “Undang-undang No 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan,” Bifurcations, 2009.

Suwantoro, “Dasar-Dasar Pariwisata,” J. Chem. Inf. Model., 2002.

R. Somad and D. J. Priansa, Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. 2014.

Sugiyono, “Metode Penelitian,” Metode. Penelitian., 2015.

W. Andesta, “PENGARUH FASILITAS TERHADAP KEPUASAN TAMU MENGINAP DI HANNAH HOTEL SYARIAH PAINAN,” J. Pendidik. DAN Kel., 2019, doi: 10.24036/jpk/vol11-iss1/582.

A. Kiswantoro and D. R. Susanto, “Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendukung Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Umbul Ponggok, Klaten,” Khasanah Ilmu - J. Pariwisata Dan Budaya, 2019, doi: 10.31294/khi.v10i2.6373.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.