Strategi Pengembangan Prasarana dan Sarana Objek Wisata Hot Water Boom Sapan Maluluang Kabupaten Solok Selatan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Irvan Koto
Lise Asnur

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi sebab kurangnya keberadan  prasarana dan sarana di objek wisata Hot Water Boom Sapan Maluluang. Tujuan penelitian adalah menentukan strategi pengembangan prasarana dan sarana objek wisata Hot Water Boom Sapan Maluluang.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif dan kuantitatif.


Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Penentuan informan menggunakan teknik purpose sampling yaitu: dua orang pengelola (Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Selatan), empat orang masyarakat sekitar, empat orang wisatawan serta tiga puluh responden. Teknik analisis data pada penelitian terdiri dari: reduksi, penyajian, pengambilan  kesimpulan.


 Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Kekuatan  prasarana dan sarana objekiwisata yaitu sudah adanya sebagian prasarana dan sarana objekiwisata. 2) Kelemahan pada prasarana dan sarana objekiwisata yaitu keadaan jalan rusak, sempit dan jembatan terbuat dari kayu, kurangnya ketersediaan sarana objek wisata. 3) Peluang prasarana dan sarana objek wisata adalah adanya rencana Dinas Pariwisata untuk kedepanya seperti membuat jalan lingkar ke objek wisata, membuat wahana bermain dengan menggunakan listrik dan wacana dinas melegalkan lahan untuk penginapan. 4) Ancaman  prasarana dan sarana objek wisata adalah kurang terproteksinya area objekiwisata, adanya prasarana dan sarana yang lebih di objek wisata lain. 5) Strategi  pengembangan prasarana dan sarana objekiwisata, memperbaiki prasarana akses jalan, membuat lampu penerangan jalan, menyediaan air bersih dengan membuat bak penampungan/ water tank, menyediakan ruangan klinik kesehatan, tenaga medis dan security, menyediakan transportasi wisata, melegalitaskan lahan untuk penginapan bagi investor, penyuluhan tentang peluang menciptakan ekonomi masyarakat dari bidang pariwisata yang dapat membuka peluang bisnis.


 


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Koto, I., & Asnur, L. (2021). Strategi Pengembangan Prasarana dan Sarana Objek Wisata Hot Water Boom Sapan Maluluang Kabupaten Solok Selatan. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(2), 225-233. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i2.18872

References

Sari. 2011. Pengembangan pariwisata Objek Wisata Pantai Sigandu Kabupaten Batang.

Semarang: Universitas Diponegoro.

Rahmanto. 2013, Pengembangan pedagang di Objek Wisata Sondokoro Kabupaten Karanganyer.

Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Bagyono. 2012, Pariwisata dan Perhotelan. Bandung: Alfabeta

Hanum. 2014, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Pradikta. 2013, Strategi Pengembangan Objek Wisata Waduk Gunungrowo Indah Dalam Upaya

Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Rangkuti. 2011. SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

V. Ananda and I. Meirina, “PERSEPSI PENGUNJUNG TENTANG SARANA DAN PRASARANA OBJEK WISATA RUMAH POHON TABEK PATAH,” Kaji. Pariwisata dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 88–95, 2020, doi: https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i2.8272.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.