Analisis Pengalaman Konsumen Menginap di Kyriad Hotel bumiminang Kota Padang Pada Masa Pandemi Covid-19
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini berawal dari observasi penulis pada masa pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020, telah banyak korban terkena dampaknya. Berdasarkan penemuan peneliti ditemukan permasalahan mngenai Customer Experience di Kyriad Hotel Bumiminang Padang. Terdapat tamu yang megeluh dikarnakana banyak hal yang mengecewakan dari Wc jorok, Sarung bantal dan selimut sobek, fasilitas dan furnitur Kyriad Hotel Bumiminang dalam kamar sangat buruk dan tidak layak digunakan sprei tidak di ganti dan kamar yang masih kotor sangat mengawatirkan untuk keamanan pada saat masa Covid-19. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan Customer Experien Pada masa Covid-19 di Kyriad Hotel Bumiminang meliputi 3 Indikator yaitu : Sensory Experience (Pengalaman yang dirasakan indra), Emotional Experience (Pengalaman yang dirasakan melalui perasaan konsumen), Social Experience (Pengalaman Konsumen dalam bersosialisasi). Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan Populasi tamu yang pernah atau sedang menginap di Kyriad Hotel Bumiminang Padang mulai dari bulan Maret – Agustus 2020. Teknik Pengambilan sampel penelitian ini adalah no probality sampling yang digunakan purposive sampling (100) tamu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik komunikasi tidak langsung dengan menyebarkan angket atau kuesioner menggunakan skala Liker yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Selanjutnya data dianalisis deskriptif dengan metode kategori penilaian berdasarkan rata-rata skor, persentase penilaian menggunakan bantuan Program Komputer SPSS 20.00. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa secara umum Customer Experience pada masa Covid-19 di Kyriad Hotel Bumiminang Padang tergolong pada kategori baik dengan persentase 59% pada rentang 66,66 – < 80. Sedangkan indikator dari Customer Experience yaitu : (1) Sensory Experience dengan kategori tergolong baik dengan persentase 48% berada pada rentang 30-< 36, (2) Emotional Experience tergolong pada kategori cukup dengan persentase 47% berada pada rentang 18,67- < 22,33, (3) Social Experiece tergolong pada kategori cukup dengan rentag 10,67- < 13,33.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
[2] Schmitt. (2013). Customer Experience: How to Get Customer TO Sense,feel, Think, Relate.
[3] Rini, E.S. (2009). “Menciptakan pengalaman konsumen dengan experiential marketing”, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 2, No. 1, pp. 15 – 20, Januari 2009.
[4] Hellier, Phillip K., Geursen, Gus M., Carr, Rodney A. and Rickard, John A. 2003, Customer Repurchase Intention: A General Structural Equation Model, European journal of marketing, vol. 37, o. 11, pp. 1762-1800
[5] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaif. Bandung: Alfabeta, 2018.
[6] M. S. Dwi Pratiwi Wulandari Wina Asty, Yayuk Puji Rahayu, Winda Yulia, “Coronavirus Tourism: Charming voyagers in time of novel coronavirus,” Int. J. Adv. Sci. Technol., vol. 29, no. 06 SE-Articles, pp. 1708–1713, Apr. 2020, [Online]. Available: http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/12807.
[7] C. Experience, E. Value, E. Experiences, E. Touchpoints, C. Positive, and N. E. Exist, Experience Marketing : Concepts , Frameworks and Consumer Insights By Bernd Schmitt, vol. 5, no. 2. 2011.
[8] B. P. Septian, I. Handaruwati, P. Studi, M. Universitas, and K. Surakarta, “PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PEDAN KLATEN,” J. Bisnisman Ris. Bisnis dan Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 16–33, 2021.
[9] L. Eva and K. Kasmita, “Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di UNP Hotel & Convention,” J. Kaji. PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, vol. 2, no. 1, pp. 59–66, 2021, doi: https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i1.26072.
[10] N. P. Afifah and Y. Abrian, “Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Pada Coffe Shop V-COFFEE di Kota Padang,” J. Kaji. PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, vol. 2, no. 2, pp. 143–149, 2021, doi: https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i2.26972.
[11] M. Aulia and Wahyuningsih, “PENGARUH PENGALAMAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA UNIVERSITAS TADULAKO MENGGUNAKAN KOSMETIK BEDAK MARCKS,” J. ilmu Manaj., vol. 7, no. 1, pp. 12–20, 2021, doi: https://doi.org/10.22487/jimut.v7i1.212.