Pengaruh Pengalaman Lapangan Industri Terhadap Softskill Mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Perhotelan, Jurusan Pariwisata, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rizki Fajar Ramadhan
Kasmita Kasmita

Abstract

            Dalam penulisan penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak mahasiswa yang menemui permasalahan ketika melaksanakan pengalaman lapangan industri di sebabkan oleh kemampuan softskill yang masih kurang di latih, karena softskill dinilai penting untuk mempermudah dan mempercepat penyelesaian sesuatu.Dalam penelitian ini, memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman lapangan industri terhadap softskill mahasiswa di Program Studi D4 Manajemen Perhotelan, Jurusan Pariwisata, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang.


            Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta asosiatif kausal, sampel yang digunakan yaitu mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Perhotelan, Jurusan Pariwisata, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang sebanyak 86 orang mahasiswa. Kemudian teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan cara menyebar angket dengan metode skala likert. Data ini dianalisis menggunakan program SPSS versi 16.00.


            Berikut hasil penelitian diperoleh hasilnya berupa pengalaman lapangan industri termasuk ke dalam kategori baik (58,14%), softskill termasuk ke dalam kategori baik (76,74%) dan nilai R square0.125. Saran dalam penelitian ini pihak fakultas maupun pihak jurusan bisa menambah mata kuliah yang berhubungan dengan softskill sebelum mahasiswa melaksanakan pengalaman lapangan industri 1 yang lebih berperan penting dalam mengasah softskill mahasiswa, dan untuk mahasiswa yang melaksanakan pengalaman lapangan industri di harapkan bisa menjalankan pengalaman lapangan industri dengan sebaik mungkin agar bisa mengasah softskill dan menjadikan mahasiswa kompeten di bidang pariwisata, terutama di bidang perhotelan.


Kata kunci :Pengalaman Lapangan Industri, Softskill.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ramadhan, R., & Kasmita, K. (2020). Pengaruh Pengalaman Lapangan Industri Terhadap Softskill Mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Perhotelan, Jurusan Pariwisata, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 1(3), 110-118. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i3.15972

References

[1] Y. Sari and Y. Abrian, “Pengaruh Pengalaman Lapangan Industri terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Perhotelan Angkatan 2015 Universitas Negeri Padang,” J. Kaji. PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, vol. 1, no. 2, pp. 77–81, 2020, doi: https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i2.2672.
[2] M. Kamil, Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta, 2012.
[3] Y. Effirisanti, “Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui ProgramMagang Sebagai Upaya Peningkatan Soft Skill Mahasiswa,” Ejournal.stiedawantara, vol. 10, 2015.
[4] Unit Hubungan Industri " Buku Pedoman Pengalaman Lapangan Industri Mahasiswa FPP UNP " Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang
[5] Elfindri dkk, Soft Skills untuk Pendidik. Padang: Baduose Media, 2011.
[6] M. L. Sitanggang, “PENTINGNYA SOFTSKILL UNTUK PERSIAPAN MAGANG SISWA SMK,” JUARA J. Wahana Abdimas Sejah., 2020, doi: 10.25105/juara.v1i2.7178.
[7] M. U. Manara, “Hard Skills Dan Soft Skills Pada Bagian Sumber Daya Manusia Di Organisasi Industri,” J. Psikol. Tabularasa, vol. 9, no. 1, 2014.
[8] P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. 2015.
[9] O. Hamalik, Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
[10] S. Zodpey, A. Sharma, Q. S. Zahiruddin, A. Gaidhane, and S. Shrikhande, “Faculty development programs for medical teachers in India.,” J. Adv. Med. Educ. Prof., vol. 4, no. 2, pp. 97–101, Apr. 2016.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.