Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Tamu di UNP Hotel and Convention Center

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ananda Putri Welasasih
Hijriyantomi Suyuthie

Abstract

ABSTRAK
Tujuan peneliti dalam hal ini adalah untuk menganalisis pengaruh servicescape terhadap kepuasan tamu menginap di UNP Hotel and Convention Centre dengan jenis penelitian deskriptif yang mana menggunakan metode asosiatif kausal. Sampel pada penelitian ini merupakan tamu yang pernah menginap dan sedang menginap di UNP Hotel and Convention Centre yaitu sejumlah 87 orang tamu yang diambil dengan teknik Non Probability Sampling. Untuk teknik pengumpulan data disini dengan cara menyebarkan kuesioner dengan dua puluh sembilan butir penyataan, empat belas butir pernyataan untuk servicescape dan lima belas butir pernyataan untuk kepuasan tamu. Pada pengolahan datanya menggunakan bantuan program SPSS 16.00.
Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis, didapatkan nilai R Square dengan angka 0,136 yang artinya pengaruh untuk variabel (X) servicescape terhadap variabel (Y) kepuasan tamu dengan angka 13,6% dan selanjutnya 86,4% dikarenakan faktor lain. Maka didapat koefisien regresi dengan angka 0,359 nilai signifikannya adalah 0,000<0,5. Dapat diartikan dalam tingkatan angka 1 satuan servicescape mengalami peningkatan 0,359 pada kepuasan tamu. Jadi hipotesisnya adalah Ha diterima dan H0 ditolak.


Kata kunci : Servicescape, Kepuasan Tamu.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Welasasih, A., & Suyuthie, H. (2020). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Tamu di UNP Hotel and Convention Center. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 1(3), 119-123. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i3.15372

References

[1] L. Tjokrowibowo, “ANALISIS PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS
LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM RANGKA MEMBANGUN
MINAT TRANSAKSI ULANG(Studi PT. Phillip Securities Indonesia Cabang Semarang),” J.
Sains Pemasar. Indones., vol. 12, no. 2, pp. 149–156, 2013, doi: 10.14710/jspi.v12i2.149.
[2] M. S. Permana, “Pengaruh Country Of Origin , Brand Image, Dan Persepsi Kualitas Terhadap
Intense Pembelian”. Kertas Kerja,” Univ. Kristen Satya Wacana, 2013.
[3] F. Jasfar, Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa. Jakarta: Salemba Empat, 2012.
[4] R. Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat, 2013.
[5] P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. 2015.
[6] M. Lovelock, Christoper., Jochen, Wirtz., & Jacky, Pemasaran Jasa – Perspektif Indonesia, 1st
ed. Jakarta: Erlangga.
[7] R. S. Pratama, Meika P. & Setyorini, . “(). Pengaruh servicescape terhadap kepuasan Kafe Roti
Gempol dan Kopi Anjis cabang jalan Bengawan Bandung. , Vol. 2. No.1,” Eproceeding Manag.,
vol. 2, no. 1, 2015.
[8] Kusuma, “Pengaruh servicescape terhadap kepuasan konsumen hotel Suronegaran Purworejo,”
Ejournal Segmen- Manaj., vol. 13, no. 1, 2016.
[9] S. Danang, Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi, 2013.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.