Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Objek Wisata Aek Sijorni Kabupaten Tapanuli Selatan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Elia Nandayana Pane
Ira Meirina Chair
Dwi Pratiwi Wulandari

Abstract

Tujuan penelitian dilakukan yaitu untuk mengetahui Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Objek Wisata Aek Sijorni Kabupaten Tapanuli Selatan.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode survey. peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data, misalnya dengan mengedar koesioner, test, wawancara, terstruktur dan sebagainya. Populasi penelitian yaitu wisatawan yang pernah berwisata ke Aek Sijorni. Metode penelitian ini adalah dengan teknik non probability sampling berjumlah 99 responden. Teknik pengumpulan data melalui angket dengan menggunakan skala likert  berjumlah 26 pernyataan yang sudah teruji validitas, dan realibilitas. analisis data  menggunakan teknik analisis deskriptif. digunakan untuk mendapatkan gambaran distribusi frekuensi data yang mencakup nilai maksimal dan minimal, mean, median, standar deviasi dan tingkat pencapaian responden menggunakan program SPSS versi 23.00 dan Ms. Excel.


Hasil penelitian: Secara keseluruhan Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Objek Wisata Aek Sijorni Kabupaten Tapanuli Selatan dengan nilai rata-rata skor aktual yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sebesar 8011 yang berada pada rentang interval 6436–8366 di kategorikan cukup dengan interpretasi persentase penilaian sebesar 51%. Selanjutnya berdasarkan indikator berikut ini: 1)Indikator Bentuk persentase penilaian responden 0%  kategori sangat baik, 12% kategori baik, 48% kategori cukup, dan 39% kategori kurang. 2)Indikator Fungsi menunjukkan  persentase penilaian responden 0% kategori sangat baik, 8% kategori baik, 51% kategori cukup, dan 40% kategori kurang. 3)Indikator Lokasi persentase penilaian responden 1% kategori sangat baik,12% kategori baik, 49% kategori cukup, dan 37% kategori kurang. 4)Indikator Mutu persentase penilaian responden 0% kategori sangat baik, 13% kategori baik, 59%  kategori cukup, dan 40% kategori kurang.


 


Kata Kunci: Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Objek Wisata Aek Sijorni Kabupaten Tapanuli Selatan

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pane, E., Chair, I., & Wulandari, D. (2021). Persepsi Wisatawan Tentang Fasilitas Objek Wisata Aek Sijorni Kabupaten Tapanuli Selatan. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(2), 156-162. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i2.11572

References

[1] Ridwan, Mohamad, Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Medan: PT Sofmedia, 2012
[2] Asty W, Wulandari DP, Anggraini D. Kemampuan Daya Dukung Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Agrowisata Green House Lezatta Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Ensiklopedia Sosial Review. 2020;2(2):227-32.
[3] Hidayatullah, Riyan, Yuliana Yuliana, and Feri Ferdian. "Pengelolaan Fasilitas Atraksi Wisata Di Pantai Arta Indah Kabupaten Padang Pariaman." Journal of Home Economics and Tourism 15.2 (2021).
[4] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015
[5] Wahyuningsih, Ririn. "Persepsi Pengunjung Terhadap Fasilitas Di Objek Wisata Puncak Ulu Kasok Kabupaten Kampar." (2018).
[6] Rif'an, Ali. "Quality dalam Prespektif Pendidikan Islam." Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1.1 (2018): 19-32

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.