Analisis Tingkat Kepuasan Tamu Yang Menginap di Hotel Grand Tropic Suite Jakarta
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap tingkat kepuasan tamu yang menginap di Grand Tropic Suite Hotel Jakarta permasalahan yang tampak antara lain : (1) Terjadinya penurunan pendapatan tingkat hunian kamar atau occupancy yang menginap di Grand Tropic Suite Hotel Jakarta, (2) Tidak tercapainya keinginan dan kebutuhan serta harapan tamu untuk memperoleh fasilitas kamar yang seharusnya sudah dilengkapi sebagaai mana standar hotel, (3) Adanya tamu yang tidak ingin kembali dan tidak ingin merekomendasikan Grand Tropic Suite Hotel untuk menjadi tujuan menginap. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Untuk data kuantitatif teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan menggunakan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya.Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Variabel kepuasan tamu berada pada kategori cukup dengan presentase (79%). Sedangkan ditinjau berdasarkan indikator yaitu : (1) Indikator tercapainya harapan tamu berada pada kategori cukup dengan presentase (39%), (2) Indikator terpenuhinya kebutuhan tamu berada pada kategori cukup dengan presentase (51%), (3) Pada indikator tercapainya keinginan tamu berada pada kategori cukup dengan presentase (46%), (4) Indikator keinginan memakai jasa kembali berada pada kategori cukup dengan presentase (41%), (5) Indikator keinginan merekomendasikan hotel kepada orang lain berada pada kategori cukup (45%).
Kata Kunci : Kepuasan tamu, Harapan , Keinginan
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
https://kemenpar.go.idO(diakses 27,Juli/2019).
[2] Widanaputra, A.A.GP dkk. 2009. Akuntansi Perhotelan Pendekatan Sistem Informasi. Yogyakarta :
Graha Ilmu.
[3] Grand Tropic Suite Hotel Jakarta. 2019. Data Tamu Yang Menginap Di Grand Tropic Suite
Hotel Jakarta. Jakarta. Grand Tropic Suite Hotel.
[4] Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson
Education,Inc.
[5] Tjiptono, Fandy. (2012),Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi
Offset
[6] Agung Permana Budi,Manajemen Marketing Perhotelan, (Yogyakarta :CV . Andi 2013)
[7] SugiyonoO(2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
[8] Arikunto,.S.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[9] P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. 2015.
[10] A. Wedi and Y. Abrian, “Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Tamu Menginap Di Hannah
Hotel Syariah Painan,” J. Pendidik. Dan Kel., vol. 11, no. 1, p. 68, 2019, doi: 10.24036/jpk/vol11-
iss1/582.
[11] Y. Abrian, A. Adrian, and R. Surendra, “Analysis of Factors Affecting Guest Decision in
Purchase of Room Service in Hotel ‘Grand Inna Padang,’” J. Bus. Hosp. Tour., vol. 5, no. 2, pp.
193–200, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.22334/jbhost.v5i2.165.
[12] Somad, Rismi & Priansa, Donni Juni. (2014). Manajemen Komunikasi Mengembangkan
BisnisBerorientasi Pelanggan. Bandung: Alfabeta